Essen HERB Tea Tree Foaming Cleanser & Tee Tree Toner Review

October 16, 2020


Siapa di sini yang selama masa pandemi justru kulitnya makin sering jerawatan? Jerawat itu sendiri banyak faktornya, bisa karena pakai masker yang lembab, entah karena makanan yang jadi pemicu, atau ya karena memang tipe kulit yang mudah berjerawat aja. Akupun sebagai pemilik kulit acne prone, sering kelabakan sama tingkah jerawat yang munculnya bisa tiba-tiba banget dan susah buat dihilangkan. Sekalinya hilang, ternyata ngebekas, haduuh.

Nah, pas banget nih, beberapa waktu lalu aku berkesempatan untuk nyobain produk dari brand yang udah cukup lama ada dalam wishlistku yaitu essenHERB, thanks to Sociolla! Aku dikirimkan dua produk untuk dicoba yakni essenHERB Tea Tree Foaming Cleanser dan Tea Tree Tonernya. essenHERB sendiri punya beberapa produk untuk lini Tea Tree mereka selain kedua produk yang akan aku bahas di postingan kali ini, ada serumnya juga dan semuanya bisa kalian beli di Sociolla.



 Essen HERB Tea Tree Foaming Cleanser 
Nah sekarang aku mau bahas cleansernya dulu nih. Kalau kalian pembaca lama dari blog ini kalian pasti udah hapal banget sama jenis cleanser yang aku suka. Kulitku ini gampang banget dehidrasi, kalau udah dehidrasi langsung ngamuk dan muncul bruntusan. Dehidrasi itu bisa diperparah sama salah pakai cleanser, terutama cleanser dengan SLS di dalamnya. Walaupun begitu ada juga kondisi di mana suatu cleanser nggak mengandung SLS, tapi dia tetap punya finish yang suka bikin kering. Biasanya itu masih suka terjadi sama cleanser yang foaming, makanya kenapa aku lebih sering beli cleanser dengan konsistensi gel karena di kulitku, gel cleanser terasa lebih gentle, terlepas dari bagaimana formulanya.

Ingredients: Water, Stearic Acid, PEG-400, Myristic Acid, Potassium Hydroxide, Glycerin, Lauric Acid, Butylene Glycol, Polyquaternium-7, Benzyl Glycol, Panthenol, Glyceryl Stearate, Allantoin, Sodium Benzoate, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Extract, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Ethylhexylglycerin, 1,2-Hexanediol, Caprylyl Glycol, Sodium Polyacrylate, Citric Acid, Raspberry Ketone, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Propanediol, Sodium Hyaluronate Crosspolymer, Sodium Hyaluronate, Hydrolyzed Glycosaminoglycans, Mentha Piperita (Peppermint) Extract, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Centella Asiatica Extract, Eucalyptus Globulus Leaf Extract, Maltodextrin, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hyaluronic Acid



Essen HERB Tea Tree Foaming Cleanser ini punya konsistensi seperti sabun muka yang mengandung surfaktan, tapi tenang aja karena di ingredients listnya mereka nggak pakai SLS. Busanya juga masih ada tapi nggak terlalu banyak. Aku nggak terlalu mencium bau yang signifikan, ada sedikit hint wangi tea tree tapi kayak kecampur sama wangi mint juga karena di dalamnya ada peppermint kan memang. Setelah aku bilas sabunnya, kulitku sih masih agak terasa seperti ketarik, dan menurutku ini sesuatu yang aku udah hapal aja kalau kulitku ketemu sabun muka yang foaming dan bukan gel. Tapi nggak sampai bikin muka jadi kaku dan perih ya. Menurutku keringnya masih biasa aja, masih di batas aman.

Sabun muka ini targetnya untuk mengurangi jerawat dan minyak berlebih pada kulit, makanya kenapa menurutku kalian yang oily dan acne prone sepertinya akan tertarik buat cobain. Dia mampu meredakan masalah kulit dan membersihkan kulit yang rusak. Busanya yang creamy diklaim bisa membersihkan makeup secara mendalam, mengangkat sel-sel kulit mati dan kelebihan minyak untuk kulit yang lebih bersih. Sejauh ini aku belum merasakan ada negative effect lainnya selain yang agak bikin kering sih. Cuma menurutku untuk mengurangi jerawat dia terbilang lamban. Memang susah kalau cuma mengandalkan sabun muka yang cuma nempel di kulit sebentar aja.



 Essen HERB Tea Tree Toner 
Selain sabun mukanya, aku juga berkesempatan buat nyobain toner mereka. Toner ini berfungsi menenangkan kulit sensitif an mencerahkan wajah. Mengandung 90% ekstrak daun teh untuk membantu menenangkan kulit dan memperbaiki kulit yang rusak, mengandung bubuk botani untuk membantu mengontrol sebum, memberikan kelembaban pada kulit kering dan ekstrak daun teh untuk membantu menenangkan kulit sensitif, serta memiliki fungsi ganda untuk mencerahkan kulit dan anti kerut.

Tonernya wangi khas tea tree banget, jauh lebih kencang dibandingkan sabun mukanya. Toner ini mengingatkan aku sama Naruko Tea Tree Toner karena wanginya mirip banget dan kebetulan warna botolnya juga sama-sama hijau haha. Tapi keduanya jelas berbeda karena kalau toner Naruko termasuk exfoliating toner, yang Essen HERB ini termasuk hydrating toner.



Aku lupa tunjukin foto di bagian bawah botol tonernya kalau ada seperti serbuk putih gitu, kurang tahu juga sih itu apa, tapi untuk petunjuk pemakaiannya nggak mengharuskan botolnya untuk dikocok jadi bisa langsung dituang aja ke kapas. Bisa juga langsung ke tangan kalau kalian lebih nyaman tanpa kapas, nggak masalah karena ini kan bukan exfoliating toner juga jadi nggak perlu-perlu amat pakai kapas. Toner ini rasanya super hydrating, teksturnya cair banget kayak air, dan aku sempat takut bakal terasa agak perih di kulit, entah karena peppermintnya atau karena trauma aja sama toner yang botolnya warna hijau :") Main ingredientsnya ada di awal-awal, jadi menurutku kalau dipakai rutin toner ini bisa bantu mengatasi jerawat dan mungkin sekaligus mencerahkan karena aku lihat niacinamide di urutan ketiga.

Overall karena ini baru pemakaian beberapa minggu, aku belum bisa bilang banyak sih. Tapi aku lumayan hopeful terutama untuk tonernya karena rasanya benar-benar menghidrasi banget. Kalau kalian mau coba produk dari Essen HERB, kalian bisa pesan di Sociolla atau lewat link di bawah ini:


Jangan lupa pakai kode  SBN04A672  untuk dapat potongan Rp 25.000!

4 comments

  1. Looks like a great product! thank you for sharing

    ReplyDelete
  2. aku juga coba kedua produk ini. sebagus itu sih. baru seminggu aja tuh kemerahan di wajah berkurang dan lebih cerah aja gitu mukanya. cepet nyembuhin jerawat juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah glad to know it works on you!

      Delete