Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++ Review

November 06, 2020


Setiap ditanya rekomendasi sunscreen yang nggak bikin kantong jebol, kayaknya Skin Aqua nggak pernah nggak aku masukin. Sedikit cerita gimana akhirnya aku nyobain Skin Aqua; beberapa bulan lalu waktu aku masih di Jogja, waktu itu cuaca lagi kering, terik, dan sering banget panas tanpa ada awan di langit. Jadi sinar matahari benar-benar kencang banget, sampai-sampai aku nggak berani melangkahkan kaki keluar kosan karena panasnya bukan cuma sekedar panas biasa, tapi panas yang bikin sakit dan perih di kulit. Mungkin kalian yang follow Instagramku ada yang masih ingat karena aku sempat share masalah ini juga. Aku keluar kosan itu bisa dihitung jari, dan palingan cuma 20 menit paling lama karena beli makan aja, tapi kulit muka sampai leher benar-benar menghitam dan kelihatan banget bedanya sama dada. Aku sampai kaget karena baru kali itu aku lihat garis batas kulit yang intens banget.

Aku mikirnya saat itu apa sunscreenku kurang efektif ya, padahal aku selalu pakai SPF 50, dan tiap mau keluar kosan aku reapply lagi. Akhirnya aku memutuskan buat tanya ke teman-teman di Instagram dan mostly menyarankan aku untuk ganti sunscreen aja. Pergilah aku ke mall buat nyari sunscreen yang sekiranya bisa jadi jalan keluar dari kegosongan yang luar biasa ini. Karena budgetku nggak banyak, akhirnya aku cuma bisa berlabuh di Skin Aqua. Waktu itu aku belum pernah coba apapun dari brand Skin Aqua, baca review produknya juga belum, jadi blind shopping aja. Mereka ini jenisnya banyak banget, dan awalya aku mau beli SPF 50, tapi gara-gara si SPF 30 ini ada tulisan "Normal to oily skin", aku malah kepincut beli dia. Aneh banget kan emang, padahal selama ini pakai sunscreen SPF 50 aja gosong apalagi ini yang cuma 30.



Salah satu yang jadi pertimbangan juga ketika aku ambil yang Moisture Gel ini adalah karena waktu itu aku masih suka condong ke gentle formulated skincare gara-gara influence dari GN dan list #GNApproved mereka. Padahal mah sebelum-sebelumnya juga aku nggak ada masalah dengan sunscreen yang secara formulasi nggak gentle, tapi ya begitu lah, ada masanya aku idealis banget haha. Sunscreen ini surprisingly punya cukup banyak klaim seperti yang bisa kalian lihat di bagian belakang botolnya ini udah tertulis semua. Ada beberapa notable ingredients seperti hyraluronic acid, vitamin B5, dan collagen yang bagus untuk menjaga kelembaban kulit.

Ingredients: Water, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Methylene Bis-Benzotriazolyl Tetramethylbutylphenol, Cyclopentasiloxane, Glycerin, Ethylhexyl Triazone, Polysorbate-60, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Betaine, Phenoxyethanol, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/​Vp Copolymer, Acrylates/​C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Hydrogenated Lecithin, Triethanolamine, Panthenol, Disodium Edta, Methylparaben, Propylparaben, Sodium Hyaluronate, Dipotassium Glycyrrhizate, Sodium Acetylated Hyaluronate, Arginine, Hydrolyzed Collagen, Tetrahexyldecyl Ascorbate, Tocopheryl Acetate



Dari pertama pakai aku udah langsung ngerasa sepertinya aku nggak terlalu sreg sama sunscreen ini. Pakainya agak tricky, karena kalau produk yang aku pakai sebelum sunscreen kurang bisa melembabkan, pas pakai sunscreen ini nanti finishnya bakal kerasa kering di kulit. Keringnya nggak sampai yang benar-benar kering sampai nggak nyaman, cuma untuk aku personal masih lebih suka yang lebih lembab lagi, biar kelihatan agak dewy mukaku. Sunscreen ini nggak bikin whitecast, mudah diblend dan nggak butuh waktu lama supaya bisa diratakan. Dia juga aku pakai di bagian sekitar mata dan sejauh ini nggak pernah tumbuh milia sih, nggak pedas juga walaupun pas keringetan dan sunscreennya mulai meleleh kena mata. Tapi untuk approach bagian mata ini mohon disesuaikan aja, kalau kalian takut malah bakal menimbulkan milia, ya nggak usah pakai sampai sekitar mata.

Apakah sunscreen ini worth it untuk dicoba? Menurutku sih dengan harga sekitar Rp 50.000-an dan SPF 30 aja, mending beli Nivea Sun Serum karena harganya di bawah Skin Aqua ini tapi SPF-nya udah 50. Tapi tentu aja kalau kalian lebih suka sunscreen yang finishnya kering, mending coba Skin Aqua Moisture Gel SPF 30.

1 comment

  1. Di aku sunscreen skin aqua varian ini nggak cocok sama sekali dyn, nggak bisa nyerep maksimal gitu. padahal kulit aku yang oily combi harusnya pas pakai yg ini. malah cocoknya sama si spf 50 dan 25 nya huhu

    ReplyDelete