Simple Kind to Skin Refreshing Facial Wash Review

March 09, 2020


Semenjak aku mulai serius "belajar" soal skincare dan sering coba-coba, gonta-ganti produk, aku perlahan jadi hapal produk skincare seperti apa yang kulitku suka. Waktu pertama kali masuk ke dunia beauty dan belajar soal skincare, jujur aku selalu asal beli produk yang lagi hype aja, tanpa benar-benar nyari review dari orang terpercaya yang bisa jelasin ke aku apa fungsi dan kandungan dari produk tersebut. Alhasil, jadinya malah aku suka bingung sendiri sama kondisi muka yang semakin memburuk. Semakin ke sini, aku jadi sadar kalau ternyata kulitku suka banget sama produk yang formulasinya gentle di kulit. Apa sih maksudnya skincare yang gentle? Simpelnya, skincare yang gentle adalah skincare yang nggak mengandung fragrance, alcohol, essential oil, dsb.

Mungkin jadinya buat sebagian orang, skincare yang gentle jadi sesuatu yang membosankan karena tanpa itu semua biasanya suatu produk jadi nggak ada wangi yang menarik, atau kalau dalam hal sabun muka, jadinya nggak terasa kesat di muka, jadinya muka kayak kurang bersih. Tapi kalau udah terbiasa dengan gentle skincare, ternyata justru kulit kita bisa lebih low maintenance dan sehat.



Sebetulnya waktu pertama banyak yang ngomongin soal brand Simple ini, aku udah tertarik banget karena klaim di hampir semua produknya yang bilang kalau mereka alcohol free. Sebagai pecinta skincare dengan formula yang gentle, jelas aku ngincer banget produk-produknya. Beberapa waktu lalu setelah face wash COSRX aku habis, aku balik pakai SNP Lab+ Triple Water Deep cleanser tapi karena sabun muka SNP Lab+ itu terlalu kering di aku, jadinya malah kulitku bruntusan terus nggak berhenti-berhenti.

Kalau udah begini, mau pakai spot treatment kayak apapun juga nggak akan ada ngaruhnya karena penyebab utama si bruntusan belum teratasi. Akhirnya aku menyerah dan langsung pergi ke Guardian buat beli Simple Kind to Skin Refreshing Facial Wash. Dari ingredientsnya sendiri memang nggak ada yang fancy ataupun aneh-aneh, kebanyakan cuma moisturizer, solvent, dan satu surfactant dan dari yang aku cek di COSDNA juga nggak ada ingredients yang irritant buat kulit.



Sabun muka ini teksturnya gel bening, hampir sama kayak COSRX Low pH, tapi baunya lebih netral, malah hampir nggak kecium bau apapun. Kayak kebanyakan gentle face wash, si Simple ini begitu dibaurkan ke muka nggak akan menghasilkan busa karena kandungan surfactantnya sedikit, jadi busa yang dihasilkan cukup minimal. Aku bukan tipe orang yang peduli sama busa sih jadi aku pribadi nggak pernah meribetkan hal ini haha. Cuma memang kalau kalian baru pertama kali pakai sabun muka yang memang gentle gitu pasti nanti ngerasa aneh. Plus, begitu dibilas, kulit juga nggak akan terasa kesat. Malah rasanya lebih ke arah lembab dan bouncy, ini yang juga kadang bikin bingung apakah kita udah dengan bersih ngebilas sabun mukanya atau belum. Tapi tenang aja karena memang itu rasanya sabun muka yang sedikit surfactant.

Setelah ganti sabun muka dari yang irritant ke yang lebih gentle, kulitku langsung memberikan sinyal yang baik. Aku udah hapal, kalau bruntusan padahal nggak lagi pakai produk yang banyak actives, pasti ada yang salah sama sabun mukaku. Ini yang kadang orang-orang suka salah tangkap karena meremehkan sabun muka yang irritant ke kulit. Kadang kita suka heboh mencari produk buat mengobati jerawat dan bruntusan padahal masalahnya cuma harus ganti produk yang lagi kita pakai.

Sebelum aku ganti pakai Simple, aku harus ngelayer hydrating toner aku berkali-kali setelah cuci muka karena sabun muka aku bikin kulit jadi super kering. Tapi setelah ganti pakai Simple, aku cuma perlu satu layer aja karena Simple ini nggak bikin kulit kering sama sekali, which I love! Jadinya bruntusanku mulai berkurang perlahan juga hihi. Aku benar-benar recommend produk ini terutama buat kalian yang nggak suka produk skincare yang terlalu "fancy" karena Simple ini produknya to the point banget. Dia bekerja sebagaimana mestinya sebuah sabun muka tanpa bertele-tele.

21 comments

  1. Thank you for your review :)

    ReplyDelete
  2. Aku lagi coba soothing tonernya dan enak banget! Karena merk Simple ini kind to skin, jadi kata nya semua produknya ok deh, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa aku juga rencananya mau cobain tonernya Simple nih :D

      Delete
  3. Aku udah coba ini dan not so bad lah di kulitku. Bakal kurang oke kalo butuh cleanser yg deep cleansing, tapi kalo dipakai as morning cleanser, ini oke banget karena lembut dan nyaman banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat deep cleansing aku lebih rely on chemical exfoliator, jadi sebisa mungkin cleanser yang aku pake formulanya ga bikin kulit kering atau jadi iritasi.

      Delete
  4. sabun muka tuh emang ngga bisa banget diremehin ya:')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangettt!!! Seringnya kasus bruntusan atau jerawatku malah penyebabnya karena salah sabun muka :")

      Delete
  5. Sebelum pake Simple ini emgnya pake fw apa? Bukannya lo pake Cosrx...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan gue sempet pake SNP yang biruuu

      Delete
  6. Baguss simple atau cosrx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja menurutku. Sama-sama nggak bikin kering, nggak bikin dehidrasi juga, kerasa lembut di muka.

      Delete
  7. Kalau untuk kering berjerawat simple atau cosrx ka yg bagus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja sih di aku rasanya, keduanya nggak bikin kering setelahnya, cuma kalau COSRX ada kandungan tea treenya jadi ada sedikit extra push dibanding Simple yang ga ada bahan aktifnya.

      Delete
  8. Ini bisa menghidrasi kulit ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, kalo pake sabun muka doang buat memenuhi kebetuhan hidrasi kulit tentunya sih ga cukup ya. Tapi sabun ini ga bikin kering sama sekali dan setelahnya kulit terasa lembab.

      Delete
  9. Emangnya bisa untuk kulit berminyak kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bisa aja, kenapa nggak? Aku sendiri kulitnya oily kok. Cuma kalo cocok apa engga sih aku gamau jamin karena kulit kita kan beda beda.

      Delete
  10. Aku pengen beli yang ini juga, Dyn. Tapi sold out. Jadi beli yang varian satunya. Mudah-mudahan bakal seenak yang ini...

    ReplyDelete
  11. Kalau kaka sendiri lebih suka yang simple atau cosrx kak? Mohon dijawab kak, lagi bingung pilih face wash��

    ReplyDelete
  12. Aku perlu ngabisin beberapa stok facial wash untuk coba si simple ini. Dari teksturnya aja kayaknya aku bakal suka deh, asli jd pengen cobain buat pengganti trixiašŸ˜­

    ReplyDelete