Base Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++ Review

May 07, 2021


Beberapa waktu terakhir ini aku sempat mengalami malas skincarean. Bisa sekali sehari aja, entah skincare pagi atau malam yang diskip, bisa juga sampai seharian nggak skincaren sama sekali 😅 Bahkan pakai sunscreen aja nggak, padahal dulu apapun kondisinya pasti kalau pagi aku tetap pakai skincare meski cuma sunscreen aja karena aku tahu sunscreen tuh penting banget. Aku memang lumayan "takut" sama sinar matahari, karena aku acne prone dan punya banyak bekas jerawat yang kehitaman, jadinya aku sangat membutuhkan sunscreen setiap harinya. Tapi karena sekarang aku lagi WFH, kamarku posisinya di dalam banget dan nggak ada akses matahari langsung, aku jadi suka terlena skip skincare pagi termasuk sunscreen. Kerasa banget bedanya ketika aku mulai rajin skincarean sama nggak, kulitku pasti langsung terasa kasar, gampang jerawatan, dan kelihatan kusam.

Ngomongin soal sunscreen, baru-baru ini Base ngeluarin produk baru lho yakni Base Ultra Matte Natural Sunscreen SPF 50 PA+++! Aku merasa senang banget bisa dikasih kesempatan sama Base buat cobain sunscreen ini sebelum produknya launching so thank you so much, Base! Oh iya, buat kalian yang belum kenal sama Base, mereka ini brand skincare lokal yang punya konsep "personalized skincare" di mana kita bisa bikin produk skincare custom yang sesuai sama permasalahan dan kebutuhan kulit kita dengan mengambil skin quiz di website Base. Aku sendiri udah pernah ambil quiznya dan cobain produk mereka yang lainnya, tapi itu bakal aku simpan buat review di lain hari.



Mungkin di sini masih banyak teman-teman yang belum kenal dengan Base. Jadi, Base itu adalah brand yang mengenalkan konsep custom skincare. Kalian bakal bisa "bikin" skincare sendiri di website mereka. So far Base ini memang fokus produknya lebih ke arah basic skincare aja yaitu: cleanser, toner, dan moisturizer. Tapi baru-baru ini mereka ngeluarin produk baru yaitu sunscreen, step paling terakhir dari basic skincare dan step yang menurutku paling penting dari semuanya.

Selama ini kalian masih suka malas nggak sih pakai sunscreen? Aku masih sering nemu di Twitter beberapa orang yang ngaku kalau mereka memilih buat nggak pakai sunscreen aja ketimbang harus seharian jadi berat dan berminyak mukanya. The good news is, setiap sunscreen tentunya punya formulanya masing-masing, jadi hanya karena kita pernah nggak cocok sama satu sunscreen, jadi kita anggap semua sunscreen sama aja. Kalian sendiri bisa cek beberapa review sunscreenku di blog ini.



Base Ultra Matte Natural Sunscreen adalah plant-based sunscreen yang punya klaim melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, serta blue light yakni sinar yang biasa dipancarkan oleh gadget kita. Penting buat melindungi kulit dari blue light karena blue light ini bisa masuk ke dalam kulit kita lebih jauh dibandingkan dengan UVA ataupun UVB. Kebayang kan damage seperti apa yang bisa ditimbulkan kalau selama ini dengan sinar UV biasa aja bisa merusak kulit, apalagi yang lebih kencang lagi seperti blue light? Sunscreen ini punya SPF di angka 50 dan sudah broad spectrum, dia juga vegan, aman untuk ibu hamil dan menyusui, serta coral-reef friendly jadi bisa kalian pakai ketika ingin berenang di laut. Berbeda dari produk Base lainnya, sunscreen mereka sepertinya nggak akan punya formula yang berbeda-beda buat setiap orangnya, jadi kalian nggak perlu ambil skin quiznya kalau mau beli sunscreen ini.



Kemasan sunscreen ini lucu banget, gemesin, beda dari sunscreen kebanyakan yang bentuknya tube. Ujung mulut botolnya runcing, jadi memudahkan buat mengeluarkan produknya biar nggak kebanyakan atau bleberan kemana-mana. Warna sunscreennya itu sendiri kuning, dan teksturnya kayak lotion biasa. Mungkin kalau mau dibandingin, dia lumayan dekat teksturnya sama For Skin's Sake Weightless Sunscreen, tapi rasanya jauh lebih ringan lagi. Sunscreen ini efek melembabkannya cukup ada, jadi aku bisa skip moisturizer kalau pakai dia. Dia nggak pilling, nggak menimbulkan whitecast, dan keringnya juga cepat, jadi nggak perlu nunggu lama-lama kalau mau langsung dilanjut pakai make-up. Sunscreen ini juga kalau kena air nggak heboh banget melelehnya selama dia memang udah benar-benar kering.

Formulanya sendiri termasuk hybrid, jadi gabungan antara physical dan chemical sunscreen. Makanya whitecastnya bisa minimal banget bahkan hampir nggak ada karena dia nggak pure physical. Aku sendiri memang lebih suka chemical sunscreen karena efek whitecast dari sunscreen tuh agak merepotkan sebetulnya hehe. Sunscreen ini finishnya cukup matte, nggak bikin mukaku yang udah berminyak jadi tambah berminyak. Menurutku sunscreen ini bakal jadi sunscreen favoritku karena dia bisa memenuhi kebutuhanku.

2 comments

  1. Oh I really how looks the texture of this sunscreen
    thanks for share your review with us
    xx

    ReplyDelete
  2. Dyn, ini kalau kena keringet trus keringat masuk mata kerasa perih nggak? Soalnya aku kalau sore olahraga, suka lupa ngehapus makeup. Pas keringet masuk mata dan perih, monangis gitu, hahahaha. Aku tertarik iniii..

    ReplyDelete