Lacoco Dark Spot Essence Review

December 09, 2020

Lacoco Dark Spot Serum

Sebagai pemilik kulit acne prone, rasanya nggak habis-habis jerawat yang datang silih berganti. Padahal kadang ya aku nggak ada tuh ganti skincare routine, nggak lagi nyobain produk baru, nggak lagi datang bulan, dan lifestyle lagi bagus-bagus aja. Cuma ya itu tadi, memang kalau udah mukanya gampang jerawatan, nggak bisa ketebak deh kapan datangnya dan karena apa. Begitu jerawatnya udah mulai kering dan akhirnya hilang, eh ternyata ngebekas dong. Nambah lagi PR buat ngilangin bekas jerawat. Padahal dulu aku kalau jerawatan nggak dipakaikan apa-apa bisa hilang sendiri dalam 3 hari tanpa bekas, sekarang mah boro-boro haha. Menurutku juga ngilangin bekas jerawat itu yang paling susah. Jauh lebih susah dibanding ngilangin jerawatnya itu sendiri. Mana bekas jerawatku tipe yang kehitaman, bukan kemerahan, jadinya benar-benar harus extra perawatannya.

Bekas jerawat yang kehitaman ini biasa dikenal sebagai PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation). Bisa disebabkan karena jerawat, atau karena usia, bisa juga karena efek sinar UV dari matahari. Istiliah umumnya sih dark spots atau noda kehitaman. Kalau untuk yang disebabkan karena bertambahnya usia, aku kurang tahu apa yang bisa efektif untuk menguranginya, tapi secara garis besar noda kehitaman bisa dikurangi dengan pemakaian sunscreen yang rutin. Menurutku itu udah bare minimum alias usaha paling kecil yang bisa kita lakuin dalam hal dark spots. Karena sinar UV itu bisa memperburuk tampilan noda kehitaman di kulit kita, jadi sebisa mungkin selalu lindungi kulit dari sinar UV. Bukan cuma dengan pemakaian sunscreen tapi dengan perlindungan physical seperti pakai topi atau mencari tempat yang teduh dan kurangi exposure sinar UV.



INFO PRODUK

  • Nama brand: Lacoco
  • Nama produk: Dark Spot Essence
  • Jenis produk: Essence
  • Ukuran: 12 ml
  • PAO: 24 bulan
  • Harga: Rp 199.000
  • Tempat beli: Shopee Official Lacoco
  • BPOM:  NA18191906202

Selain dua cara yang aku jabarkan di atas, ada lagi yang bisa kita lakukan yaitu exfoliate kulit secara rutin. Nah kebetulan di sini aku punya produk dari brand lokal kita tercinta yaitu Lacoco Dark Spot Essence yang beberapa waktu lalu aku terima dari online shop My Skin But Better. Dari namanya aja udah kelihatan ya apa fokus dari essence ini. Kemasannya cantik banget, botolnya terbuat dari kaca dan warnanya ungu gradasi hitam. Ngasih kesan elegan dan misterius banget. Essence ini  isinya 12ml dengan harga Rp 199.000.  Jangan kaget dulu dengan ukuran dan harganya karena produk ini kecil-kecil cabe rawit banget.



Waktu pertama aku lihat ingredients listnya dan penjelasan produknya, aku langsung ngiler karena ini ingredients all star semua! Yang pertama aku notice adalah keberadaan si glycolic acid sebanyak 5% yang udah jadi kesukaan kulitku. Glycolic acid ini ampuh banget buat menghaluskan tekstur kulit yang tidak merata. Terus ada juga niacinamide (3%) dan tranexamic acid (2%) untuk melawan hiperpigmentasi, dan salicylic acid (1%) yang udah jadi langganan kalau masalah jerawat.

Produk ini memiliki beberapa klaim seperti:
  • Memperbaiki tekstur dan elastisitas kulit
  • Memudarkan flek hitam, hiperpigmentasi, dan noda bekas jerawat

Ingredients: Water, Propylene Glycol, Glycolic Acid, Niacinamide, Glycerin, Gluconolactone, Tranexamic Acid, Salicylic Acid, Xanthan Gum, Morus Alba Fruit (Mulberry) Extract, Daucus Carota Sativa (Carrot) Root Extract, Butylene Glycol, Sodium Hydroxymethyglycinate, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Glycyrrhiza Uralensis (Licorice) Root Extract, Tetrasodium EDTA, 1,2-Hexanediol



Essence ini punya tekstur yang kental. Dia nggak mudah menggelincir di kulit gitu lho, jadi kalau diteteskan ke tangan essencenya langsung nempel aja nggak langsung ngacir. Dengan tekstur seperti itu, perkiraanku dia bakal terasa berat dan lengket di kulit. Tapiii, begitu aku coba ratain, ternyata nggak sama sekali! Essencenya langsung “pecah” dan nyebar di kulit dengan mudah. Untuk pemakaiannya sendiri biasanya aku pakai dua tetes aja untuk satu muka, rasanya langsung lembab di kulit dan nggak ngasih rasa pedih di bagian yang ada ataupu nggak ada jerawatnya. Cuma beberapa teman-temanku yang juga pakai essence ini sih katanya sempat ngerasa kayak ada rasa cekit-cekitnya gitu, bahkan ada yang sampai perih banget di kulit. Tapi sejauh ini aku nggak merasakan hal tersebut.



Aku mulai pakai essence ini sejak 1 Desember kemarin, dan ini udah seminggu lebih. Essence ini aku pakai setiap hari tapi hanya di malam hari aja karena aku masih belum berani pakai actives seperti exfoliating agent di pagi hari. Apalagi ini activesnya cukup banyak, takutnya nanti malah nggak efektif karena rusak kena paparan sinar UV. Biasanya aku pakai sesuatu yang ada exfoliating agentnya sih dua hari sekali, tapi kali ini aku penasaran bisa nggak ya kulitku pakai ini setiap hari. Dan setelah dicoba, ternyata kulitku kuat dan seperti suka sama efeknya.

Aku langsung merasa kulitku jadi lebih mulus, jerawat jadi cepat kering, dan pori-pori juga terlihat mengecil. Sementara untuk dark spotnya sendiri, banyak yang belum memudar, mungkin karena baru seminggu pemakaian juga. Tapi ada beberapa yang mulai berkurang intensitas kegelapannya. Meski begitu aku merasa ini ngasih hasil yang menjanjikan karena kalau dengan pemakaian baru seminggu aja udah bisa seperti ini, gimana nanti kalau dipakai sampai habis produknya hehe.

3 comments

  1. Aku udah pakai beberapa produk lacoco dan emang bagus dyn, pgn coba essence ini juga tp 190rb untuk 12ml agak masih maju mundur ah hahahha

    ReplyDelete
  2. Padahal baru seminggu, tapi pudarnya udah kelihatan gitu, Dyyyyyn. Jadi pengeeeen 😍.

    Eh iya, aku juga gitu, Dyn. Ingatku dulu jaman masih puber, bekas jerawatki bisa cepet banget pudar. Pudarnya cuman hitungan hari aja. Lha kok pas sekarang bekas jerawat susah banget ilangnyaaaa 😭. Apa faktor usia, ya? 😭😭😭

    ReplyDelete
  3. Waahh seperti cocok buat kulitku yang acne prone, banyak bekas jerawat dan pori-pori besar. Next time bakal nyobain produk ini deh, tapi nabung dulu hehe

    ReplyDelete