Purbasari Pore Perfecting BB Cushion Shade 03 Caramel Review

April 24, 2020


Kalau kalian udah lama jadi pembaca blog ini, kalian pasti hapal kalau aku sebenarnya dulu nggak terlalu suka pakai cushion. Aku baru pertama kali punya cushion bahkan menjelang akhir 2019 kemarin, karena kebetulan produknya lagi diskon dan penasaran apa sih enaknya cushion dibanding foundation. Setelah cobain langsung sendiri, aku sekarang paham kenapa cushion banyak disukai sama orang-orang. Dia memang praktis, mudah dibawa ketika travelling karena nggak akan tumpah-tumpah, dan aplikatornya juga nggak makan tempat. Jadilah aku memutuskan buat explore lagi macam-macam jenis cushion, terutama cushion dari brand lokal. Kali ini aku mau bahas cushionnya Purbasari yang baru beberapa bulan lalu mereka launch yaitu Purbasari Pore Perfecting BB Cushion.



Ini tampilan depan dan belakang dari cushionnya Purbasari. Dikemas dengan packaging warna hitam, dengan logo Purbasari di depan dan informasi mengenai shadenya di belakang. Cushion Purbasari ini tersedia dalam tiga shade aja:  Light Beige, Honey Beige, dan Caramel . Aku sih berharapnya ke depannya nanti, brand lokal nggak lagi stuck di tiga shade aja setiap ngeluarin cushion. Kemarin Pixy udah nambahin shade baru ke rangkaian cushion mereka dan aku happy banget karena masih banyak orang Indonesia yang kulitnya belum tercakup ke dalam pilihan shade yang disuguhkan. Aku sendiri bahkan yang kulitnya ada di medium dark, masih merasa kesusahan menemukan shade cushion yang pas di beberapa brand.

Untuk desain cushionnya secara keseluruhan aku cukup suka karena sejauh ini kan Purbasari masih belum melakukan redesign logo mereka, jadinya kesan tua-nya masih ada, cuma cara pengemasan cushionnya termasuk chic dan sleek, nggak heboh atau overdone sama sekali.



Cushionnya berbentuk sponge, bukan mesh, di dalamnya udah ada aplikator berwarna hitam dengan tulisan Purbasari di tengahnya. Produk ini punya klaim yang dapat membantu mengurangi produksi sebum, menyamarkan pori-pori, dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari karena dia udah dilengkapi dengan SPF 18 PA+++ sehingga kulit tampak elastis, halus, lembab, dan bercahaya. Ini jadi poin plus lainnya karena cushionnya itu sendiri udah ada SPF sendiri, jadi bisa ngasih kalian protection lebih ketika dipakai siang hari. Tapi tetap ya, jangan jadi nggak pakai sunscreen lagi karena gimanapun juga kalian harus pakai sunscreen sesuai takaran dan  menjadikan BB cushion sebagai pengganti sunscreen itu kurang tepat .

Baca juga: Colourpop No Filter Concealer Shade Medium Dark 35 Review


Di sini udah aku kasih lihat gimana coverage dari cushion Purbasari ini. Dari warna shadenya sih pas ya, dan yang aku suka adalah cushion ini nggak oxidize atau menggelap di aku. Malah sebetulnya dia bikin mukaku kelihatan jauh lebih cerah dan segar tanpa kelihatan abu-abu, padahal nggak ada klaim kalau dia ngasih efek tone up. Dari sisi coverage sih menurutku dia light to medium, harus dibuild up untuk bisa nutupin bekas jerawat gitu. Aku biasanya pakai dua layer baru merasa cukup dengan coveragenya. Aku juga suka dengan performa aplikatornya yang nggak banyak menyerap produk, jadinya produk nggak terbuang percuma, semua bisa nempel ke kulit dan diblend dengan baik.

Finishnya matte, walaupun di awal kelihatan dewy, tapi setelah beberapa lama nanti dia akan jadi matte. Dia nggak terlalu bagus buat nutupin pori-pori sih, aku saranin kalian pakai pore filling primer kalau kalian punya pori-pori yang besar karena mengandalkan cushion ini aja nggak cukup. Selain itu untuk oil controlnya juga cukup oke, selama kalian set dengan loose powder yang mattifying juga. Dia nggak bikin mukaku tambah berminyak setelah pemakaian selama 4 jam. Menurutku satu-satunya downside dari cushion ini cuma coveragenya sih.

-----

Where to buy? Guardian
How much? Rp 99.000

4 comments

  1. Beneran bagus berarti ya, Dyn? Kebetulan sering lihat produk ini di video nya beauty vlogger sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan sih mbak, aku sukanya karena dia nggak bikin muka makin kusam, malah keliatan segar gitu heheh.

      Delete
  2. Yup,coveragenya light to medium, tp entah kenapa aku suka cushion ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jugaa, cuma jadinya boros aja kalo mukaku lagi banyak noda bekas jerawatnya :")

      Delete