By Wishtrend Mandelic Acid 5% Skin Prep Water Review

April 12, 2020


Beberapa waktu lalu aku ditawarin sama The Naked Series buat cobain salah satu produk dari By Wishtrend, yakni Mandelic Acid 5% Skin Prep Water. Sebelumnya aku belum pernah coba satupun produk dari By Wishtrend walaupun udah cukup sering lihat reviewnya beberapa di internet. Aku tertarik untuk cobain karena aku suka dengan exfoliator yang jenisnya AHA. Setelah dua tahun lebih aku malang melintang cobain banyak produk skincare, aku jadi hapal kalau ternyata kulitku paling senang dengan exfoliator yang ingredients utamanya AHA. Kalau pakai yang acidnya campuran atau persentase AHA-nya lebih rendah, malah kulitku suka kacau, atau ya nggak ada efeknya sama sekali. Walaupun jujur agak deg-degan juga cobain toner ini karena dari beberapa review yang aku baca, rasanya bikin perih di kulit.



Mandeli acid adalah salah satu jenis exfoliator yang termasuk ke dalam AHA. Fungsinya untuk memberikan eksfoliasi pada kulit, mengangkat sel kulit mati, dan meratakan tekstur kulit yang tidak merata. Selain itu di dalam toner ini juga terdapat beberapa kandungan lainnya seperti panthenol, beta glucan, dan centella asiatica extract sebagai hydrating agents yang berfungsi mengembalikan hidrasi pada kulit supaya kulit kita nggak jadi tambah kering karena proses eksfoliasi. Dengan formula seperti ini, By Wishtrend mengklaim produknya cukup aman untuk kalian yang punya kulit sensitif. Tapi balik lagi, reaksi kulit setiap orang beda-beda jadi selalu coba produk dengan hati-hati.



Botolnya ini cukup simple, dan kebetulan yang dikasih ke aku untuk dicoba adalah versi travel sizenya. Menurutku karena buat ukuran full sizenya harganya cukup menguras kantong, ukuran travel size ini bisa jadi opsi yang bagus karena toh yang namanya exfoliating toner kan nggak dipakai setiap hari, dua kali sehari, jadi seharusnya cukup irit untuk jangka waktu yang lama.

Ingredients: Water, Mandelic Acid, Butylene Glycol, Beta-Glucan, Panthenol, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Prunus Amygdalus Dulcis (Sweet Almond) Fruit Extract, Sodium Hyaluronate, Sorbitan Sesquioleate, Centella Asiatica Extract, Houttuynia Cordata Extract, Sorbitol, Dimethyl Sulfone, Chlorphenesin, Sodium Citrate, Arginine, Peg-60 Hydrogenated Castor Oil, Ethylhexylglycerin, Natto Gum, Carbomer



Aku udah pakai toner ini sekitar 2 mingguan, dari pemakaian pertama tanggal 25 Maret, sampai kemarin tanggal 10 April, aku selalu ambil foto kondisi kulitku untuk lihat gimana progressnya. Dan ternyata aku cukup puas karena banyak klaimnya yang memang sesuai. Toner ini benar-benar membantu permasalahan kulitku yang berminyak ini, mulai dari jerawat sampai pori-pori. Selama pemakaian, aku nggak merasakan rasa perih ataupun gatal-gatal, cuma di beberapa jerawat yang kebuka aja agak sedikit menyengat tapi selain itu dia nyaman banget di kulit, bahkan lebih nyaman dibandingkan tonernya Avoskin.

Tonernya itu sendiri teksturnya cair, nggak ada warna ataupun bau yang signifikan. Karena kandungan hydratornya cukup banyak, rasanya di kulit malah seperti hydrating toner. Nggak bikin kulit jadi kering sama sekali, malah kadang aku suka kelupaan ngelayer beberapa kali tonernya. Aku pakai dia tiap dua hari sekali, dan cuma di malam hari aja. Aku masih belum berani pakai exfoliator di pagi hari karena seperti yang kita tahu, exfoliator bikin kulit kita jadi lebih sensitif sama matahari. Kulitku juga nggak bisa dihajar acid toner setiap malam, makanya kenapa aku kasih jeda sehari.

So far, ini adalah exfoliating toner terbaik yang pernah aku coba, karena after effect-nya yang nggak bikin kulit jadi kering, dan hasilnya yang efektif di kulit. Tapi tetap, jangan lupa kalau penggunaan sunscreen setiap hari juga berperan penting di sini.

4 comments

  1. thanks reviewny dyn, aku ingin banget cicip toner aha sendiri sebelum nantinya bisa pakai multiexfo kaya avoskin mrc. ternyata aha nya wishtrend lumayan genle ya nggak seseram aha yang lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa memang mandelic acid sendiri juga masih termasuk very mild heheh.

      Delete
  2. Kak mau nanya, aku juga pake produk ini. Punyaku susah buat nuangin produknya aku rasa daritutup botol yg buat ngontrol keluar produknya ada yg bulat kecil bening gitu. Kalo kakak cara nuangin produknya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, aku tinggal dituang aja sih kayak biasa?

      Delete