Safi White Expert Replenishing Night Cream Review

April 18, 2019


Kalau kalian pecinta skincare halal dan muslim-friendly, kalian pasti udah nggak asing lagi sama brand yang namanya Safi. Banyak yang bilang Safi itu brand lokal asli Indonesia, tapi kenyataannya, Safi ini asalnya dari negara tetangga kita yaitu Malaysia. Tapi tenang, mereka di sini resmi kok! Safi mulai banyak penggemarnya karena mereka digadang-gadang sebagai skincare halal yang aman, mengandung bahan natural/alami, dan memang punya target pasar untuk perempuan muslim. Yaaa, mirip-mirip sama Wardah lah ya. Karena di zaman sekarang ini awareness untuk perempuan muslim memilih produk skincare yang muslim-friendly itu semakin tinggi.

Aku pribadi nggak masalah dia "muslim-friendly" ataupun nggak ketika nyobain produk tertentu. Bisa dibilang aku agnostik dalam hal ini. Bukan nggak peduli, tapi memilih untuk mengesampingkan aja karena bukan main concern aku untuk pakai skincare yang muslim-friendly. Safi Perfectly Bright Replenishing Night Cream ini sebetulnya ada dalam rangkaian White Expert-nya Safi. Dan selain night cream ini ada juga day cream dan cleanser yang juga berfungsi sebagai toner. Cuma di sini aku review yang night cream-nya aja.

BACA JUGA: COSRX Oil-Free Ultra-Moisturizing Lotion (with Birch Sap) Review


Safi White Expert Replenishing Night Cream ini dikemas dalam kemasan jar dengan bahan kaca doff yang lumayan tebal, jadi kesannya mahal-mahal gimana gitu. Harganya kalau yang tertera di websitenya Safi sih Rp. 103.000 untuk yang ukuran besarnya (45g) dan Rp. 47.500 untuk ukuran yang lebih kecilnya (20g). Kalau di Jogja counter Safi yang palig dekat di Mutiara Cosmetic ya, aku biasa ke cabangnya yang di bawah flyover UKDW. Aku lupa dia ada di Watson/Guardian atau nggak.

Ingredients: Aqua, Niacinamide, Betaine, Glycerin, Butylene Glycol, Biosaccharide Gum-1, Dimethicone, Cyclopentasiloxane, Cyclohexasiloxane, Trideceth-6, Sodium Polyacrylate, PEG/PPG-18/18 Dimethicone, Carboner, Bisabolol, Aminomethyl Propanol, Xanthan Gum, Disodium EDTA, Sodium Hyaluronate, Nigella Sativa Seed Oil, Perfluorodecalm, 4-butylresorcinol, Fragrance, Phenoxyethanol, Methylparaben, CI 42090.

Teksturnya gel dingin dan bening gitu, agak sedikit ada warna biru yang memang cocok sama warna tutup kemasannya. Dan baunya—ya ampun, baunya itu lho, kenceng banget. Padahal seperti yang kalian lihat di atas, memang ada fragrance di dalam produknya tapi dia jauh di urutan bawah-bawah, jadi harusnya nggak sekenceng itu. Tapi entah kenapa baunya menyengat banget walaupun bukan jenis bau yang nggak enak, cuma buatku itu udah cukup mengganggu sih. Jadi kalau kalian lumayan sensitif sama bau, kayaknya kalian bakal terganggu.

BACA JUGA: Banila Co Dear Hydration Boosting Cream Review

Menurut interpretasiku, night cream (dan day cream) cuma istilah lain dari moisturizer (pelembab). Yang kemudian membedakan night cream sama day cream cuma kalau night cream ya nggak ada SPF-nya. Jadi aku pakai ini di slot moisturizer, karena kebetulan aku lagi belum punya moisturizer. Jadi kalau dilihat dari websitenya lagi sih, Safi White Expert Replenishing Night Cream adalah krim malam berbasis air dengan tekstur gel ringan yang mudah meresap, diperkaya Ekstrak Habbatus Sauda, OxyWhite Technology dan Bio Hyaluronic. Klaimnya:

  • Membantu mencerahkan, menyejukkan, dan menyamankan kulit wajah
  • Membantu menyamaratakan warna kulit muka dengan Vitamin B3 selama tidur
  • Memberikan kelembaban sepanjang malam dengan Bio Hyaluronic Acid

Sayangnya, di pemakaian pertama aku pakai night cream ini, kulitku udah menunjukkan ketidaksukaannya. Begitu bangun pagi hari besoknya, mukaku langsung bruntusan. Dan waktu pakai Safi ini kondisi kulitku lagi bagus, lagi baik-baik aja. Aku juga nggak lagi mau mens jadi jelas itu bukan karena hormon. Sebetulnya aku juga udah curiga dari awal karena kulitku sensitif banget sama produk yang wewangiannya kuat. Walaupun kandungan fragrancenya ada di urutan bawah, tapi selama itu masih kecium sama hidungku, aku yakin banget, produk itu bakal nggak cocok di kulitku. Padahal aku lumayan tertarik sama night cream ini karena dia ada kandungan niacinamide-nya (dan ada di urutan atas) tapi ternyata kulitku berkata lain :(

All in all, aku nggak bisa bilang apakah night cream ini sesuai sama klaimnya atau nggak karena sebelum aku bisa sampai di tahap itu, kulitku udah keburu nolak duluan. Aku suka teksturnya tapi selain dia bikin aku bruntusan, aku juga bangun pagi dengan kondisi muka yang lebih berminyak daripada biasanya. Biasanya itu cuma terjadi kalau aku pakai skincare malam yang terlalu berat.

10 comments

  1. Hello, thanks for the information. xx

    ReplyDelete
  2. Exactly. I had never thought that there is a way cosmetics can be haram, so it's never been my concern.
    Kalo Mbak Dyn, moisturizer andalan apa nih, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang ini aku masih pakai COSRX Oil-free with Birch Sap :D Enak nggak bikin berat di mukaku yang gampang berminyak ini. Mau dipakai pagi atau malem juga nggak masalah.

      Delete
  3. Wah, sayang sekali ya nggak cucok. Aku juga sebel kalau niat coba2, kulit lagi bagus, eh malah nggak cocok, hahaha.

    Aku pernah coba night creamnya yang seri gold dan nggak ada efek apapun. Nggak alergi tapi juga nggak improve yang gimana2, jadinya tergoda untuk ganti yang lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bangettt huhuhu itu yang bikin paling sedih sih karena yang tadinya kulit ga kenapa kenapa malah jadi kenapa kenapa :(((

      Delete
  4. Baru mau cobain tp pas baca ternyata baunya menyengat jadi ragu, karen kurang suka sama skinker yg baunya menyengat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama mbak :( Aku paling gampang keganggu sama wewangian dalam skincare yang strong banget huhu.

      Delete