Kojiesan Skin Lightening Soap Review

June 20, 2020


Sebagai beauty reviewer, aku selalu merasa harus keep up dengan banyak produk yang lagi hype di masyarakat. Makanya kenapa aku mulai menghidupkan kembali Twitter aku yang udah lama nggak dipakai, bekas jadi fanaccount buat boyband EXO haha. Setelah kembali aktif di Twitter, aku baru tahu ternyata sekarang ada modelan akun-akun berupa menfess (mention confess) yang merupakan akun bot di mana orang-orang bisa kirim DM dan bakal ditweet otomatis. Menfess ini jenisnya banyak banget, dan tentunya yang menarik buat aku follow adalah menfess-menfess beauty.

Dari menfess beauty inilah aku jadi hapal orang-orang lagi sibuk ngomongin produk apa sih. Salah satunya yang paling sering muncul dan sering menimbulkan kontroversi adalah Kojiesan Kojic Acid Soap. Kenapa aku bilang kontroversial? Karena sabun ini banyak banget dijadiin konten sama orang-orang dengan cara dicampurin sama susu Bear Brand dan diklaim bisa bikin kulit jadi putih instan! Eh, tapi emang bener ya?



Sabun Kojiesan ini punya star ingredient yakni kojic acid atau  asam kojic yang memiliki fungsi menghambat dan mencegah pembentukan tyrosine  yang mana adalah asam amino yang dibutuhkan oleh kulit untuk membentuk melanin. Melanin itu sendiri adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit, rambut, dan mata. Dan karena kojic acid ini menghambat produksi melanin, maka dia diklaim memiliki efek mencerahkan. Ingat ya, mencerahkan, bukan memutihkan.

Apakah kojic acid aman untuk digunakan pada wajah dan badan? Yes, it's very safe! Kojic acid yang boleh ada di dalam produk kecantikan biasanya konsentrasinya ada di bawah 1%. Kebanyakan produk yang mengandung kojic acid juga biasanya merupakan produk wash off alias harus dibilas, karena sebenarnya kojic acid bukan ingredients yang mudah diserap oleh kulit. Tapi yang perlu diingat, penggunaan kojic acid dalam jangka waktu lama akan  meningkatkan tingkat sensitifitas kulit terhadap sinar matahari  jadi kalau kalian pakai ini (baik untuk wajah maupun badan) jangan lupa pakai sunscreen ya!



Aku sendiri udah nggak ingat kapan terakhir kali aku pakai sabun batangan kayak gini. Selalu dan selalu, untuk sabun badan aku pakai sabun cair karena menurutku lebih higienis karena nggak terekspos udara setiap saat, dan mudah dipindah dari satu wadah ke wadah lainnya juga jadinya travel friendly. Orang-orang sih pakai sabun Kojiesan ini untuk wajah, tapi aku nggak tega sama diri sendiri, jadi aku prefer cobain dia ke badan aja :") Mukaku paling sensitif sama sabun muka jadi nggak berani coba-coba apalagi sama yang bentuknya batangan begini.

Selama pemakaian satu batang Kojiesan ini di badan, aku nggak melihat ada perubahan apa-apa. Yang ada kulitku jadi semakin kering dan jadi gatal-gatal karena efek terlalu keringnya itu. Aku nggak bisa lama-lama nggak kena body lotion setelah mandi karena benar-benar rasanya kering dan perih lama kelamaan. Apakaha aku bakal coba lagi? Nope, cukup sekali aja buat produk ini. Apalagi untuk ukuran sabun batang juga dia lumayan mahal.

9 comments

  1. Aku pernah coba pakai sabun ini karena banyak yang bilang bisa mutihin tapi ternyata di aku juga nggak efek apa-apa dan bener malah kering 😒
    Lebih ngefek pakai lotionnya Scarlett hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keringnya sih ga nahan banget :(

      Delete
  2. pernah coba pakai ini sebagai sabun muka th 2018 dan emg bikin cerahan tapiii keringnya masyaAllahhhh:(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mukaku gampang dehidrasi kalo salah sabun, makanya ga tega banget deh kalo pakein ini ke muka :(

      Delete
  3. Thanks for share your honest review about this product darling
    xx

    ReplyDelete
  4. ya ampun aku kira seampuh itu. mana bikin kering ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah kayaknya sih senangkepku ya, ini nggak bisa mencerahkan lebih dari warna kulit asli kita, jadi cuma mengembalikan aja ke warna kulit semula.

      Delete
  5. Beberapa tahun lalu aku pernah nyoba Kojie San ini, iya memang agak kering dan merasa agak tajem/keras gitu ya ke muka. Cuma memang menurutku cocok juga buat mencerahkan kulit. Thanks for sharing, anyway 😊

    ReplyDelete