Lulur Madu Olive & Honey Rice Scrub by Ibu Soraya Review

February 06, 2019


Aku cinta waktu mandi, siapa yang samaan? Mandi tuh salah satu aktivitas rohani di mana aku bisa pamper myself, rileksasi setelah seharian berurusan kesana kemari. Di Indonesia pasti udah ga asing lagi kan sama kata 'lulur', kalo di luar negeri nama kerennya body scrub #eaaa. Aku cinta banget luluran, soalnya aku gampang berkeringat dan intens beraktivitas di luar ruangan berjam-jam setiap harinya, jadi seeggaknya 2 kali semingu wajib banget buat aku luluran dan scrubbing badan buat memastikan kulitku tetap halus dan ga berdaki #ew. Karena luluran juga bakal membantu lotion atau sunscreen badan menyerap lebih mudah!

Beberapa bulan yang lalu, Lulur Madu by Ibu Soraya lagi jadi omongan hangat di beauty community Indonesia, terutama di Instagram. Aku udah lihat reviewnya seliweran dari akun a b c d e dan penasaran banget, tumben lulur badan bisa sampe se-hype ini. Akhirnya waktu main ke Watson, aku lihat Lulur Madu nangkring di rak dan spontan langsung heboh, kayak lagi ketemu artis aja hahaha. Dan dengan sigapnya langsung aku beli tanpa babibu walaupun lulur di kosan juga belum habis :")

Untuk ukurannya sendiri, dia terkesan hampir sama kayak lulurnya Purbasari. Tapi dari segi berat produk, Lulur Madu ini jauh lebih berat dari kebanyakan produk lulur yang udah aku cobain. Dengan berat hampir 3 kalinya lulur pada umumnya, Lulur Madu ini dibandrol dengan harga Rp. 70.000 dengan berat produk 120gr untuk yang varian Olive & Honey, sementara untuk varian yang Whitening, dibandrol seharga Rp. 50.000. Memang lebih mahal kalo dibandingin sama lulur yang biasa ada di pasaran, tapi aku yakin isi sebanyak ini pasti tahan buat pemakaian jangka waktu lama. Dia juga ga sulit untuk dicari, karena selain kalian bisa beli langsung di website Lulur Madunya, Watson juga udah menjual Lulur Madu dengan varian lengkap, terutama Watson di kota-kota besar.
Tekstur dari Lulur Madu bisa dibilang ga seperti lulur biasanya, karena di butiran scrubnya terbuat dari beras ketan, dan itu lumayan besar butirannya jadi terasa banget di kulit kalo digosok agak ada sensasi 'digores'. Baunya sendiri ga ada hint madunya sama sekali, lebih dominan bau olive-nya, ya kayak lulur tradisional pada umumnya aja, jadi ga bakal terkesan asing di hidung kita orang Indonesia kok, hahaha.
Ingredients: honey, olive oil, rice, glycerin, emulsifier, natural AHA, nipagin, nipasol, BHT, demineral water, dan fragrance—yang ga disebutin fragrancenya apa.

Dari Lulur Madu sendiri anjuran pakainya udah ditulis kalo badan harus dibasahi dulu, baru lulurnya diaplikasikan ke badan sambil diurut perlahan. Biarkan beberapa menit (lebih lama lebih baik), habis itu dibilas dengan waslap dan air hangat sambil diusap perlahan. LM menyarankan lulurnya dipake 2 sampe 3 kali aja seminggu.
Sebelum bahas efeknya di kulitku, aku mau cantumin klaim dari si Lulur Madu ini:

  • Membantu pengelupasan kulit secara alami, juga mempercepat regenerasi kulit sehingga membuat kulit tampak lebih cerah, putih, bersih, dan segar
  • Merangsang produksi protein collagen dan elastin, sehingga mengurangi kerutan pada kulit wajah, juga membantu memperbaiki tekstur kulit yang kasar menjadi lebih halus, serta mampu mengatasi pigmentasi (flek hitam)

Dengan tekstur yang lumayan harsh, aku menyarankan lulur ini dipake waktu badan dalam kondisi basah. Seperti yang kalian tahu kan kebanyakan lulur di sini dipake waktu kulit kering, biar sekalian peeling daki dan kulit mati lainnya. Tapi Lulur Madu ini fungsinya sendiri bukan ke arah peeling. Menurutku, entah kenapa ya, dengan butiran scrub sebesar itu, dia ga efisien buat peeling karena terlalu kasar malah bisa melukai kulit, mungkin karena lulurnya terlalu basah juga jadi ga kuat buat peeling. Jadi kalo temen-temen suka sama lulur yang bisa bikin daki-daki rontok, sadly, Lulur Madu ini ga terlalu aku sarankan. Tapiii, here's what I love; sikutku kan sempet kering banget, saking keringnya mereka sampe ga bisa halus bahkan setelah aku pakein lotion, sampe sampe kulitnya ngelupas. Bisa jadi efek dari sabun badanku yang terlalu bikin kering. Tapi habis aku mulai rajin pake Lulur Madu, sikutku jadi lebih halus, sehat, dan lembut. Now my bath time becomes even far more enjoyable because I get to nourish my skin.

FYI, kalo kata LM sendiri, lulur ini juga aman dipake di area muka sebagai masker, tapi aku pribadi ga terlalu suka. Wakut itu pernah aku cobain sekali dan malah ada sensasi clekit clekit gitu. Untungnya besoknya ga tumbuh jerawat atau jadi bruntusan. Katanya sih memang efeknya bisa seperti itu, tanda kalo produknya lagi bekerja. Tapi aku prefer pemakaian yang ga memberikan rasa sakit sih.

-----

Jadi Lulur Madu ini lebih aku rekomendasikan buat temen-temen yang kulitnya dull, udah ga elastis, dan butuh hydration. So far, untuk bagian klaim kulit jadi lebih cerah, masih belum aku rasain apalagi di bagian tangan yang belang karena jam tangan juga dia masih belang-belang aja. Tapi aku bukan tipe yang pusing soal warna kulit sih, lebih ke fungsinya yang bikin halus dan lembut aja aku udah seneng.

10 comments

  1. lah, bisa dipakai ke muka juga? penasaran tapi juga ngeri-ngeri sedap bayangin kalau ngga cocok hehehe...btw, aku juga suka banget luluran. lebih suka pakai lulur daripada sabun biasa malah. soon mau coba juga ah, Lulur Madu hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Fittt, pihak LM sendiri bilang ini bisa dipake buat masker gitu. Aku juga sering lihat testimoni mereka di Instagram kata orang-orang enak malah. Aku sendiri udah cobain tapi terlalu nylekit di muka :(

      Delete
  2. Wanginya sejenis sama purbasari atau mustika ratu?

    ReplyDelete
  3. packaging nya vintage bgt ya, unik bgt berarti nih lulur yg dipakai justru pas kulit basah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hahaha. Vintage vintage gitu tapi lengkap semua informasi ditulis bilingual mau di packagingnya ataupun webnya!

      Delete
  4. Aku baca reviewnya jadi pengen coba, selama ini paling jarang luluran karena gak bisa mandi lamalama hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha, dijadwalin aja waktu mandi yang ga perlu diburu-buru. Enak lho!

      Delete
  5. woww i like this..

    https://jehanmohammad.blogspot.com/

    ReplyDelete