Dove Beauty Moisture Facial Cleanser Review

February 23, 2019


Perjalanan skincare aku dimulai waktu SMP. Mamaku bukan tipe yang suka dandan karena dia IRT, dan ga terlalu ngerti soal skincare juga. Kita berdua selalu pake produk drugstore yang biasa dijual di supermarket, salah satunya Pond's. Face wash keluargaku selalu dari Pond's, termasuk day cream juga dulu pake sebagai sunscreen karena dia ada SPF-nya. At least according to my mom, day cream-nya Pond's adalah sunscreen, haha. Pond's bukan satu-satunya produk drugstore yang aku pernah cobain. Dove pun pernah, tapi biasanya aku cobain shampoo mereka atau deodorant-nya. Karena aku ga pernah tahu kalo Dove punya produk face wash.

Makanya waktu aku dapet ini di paketan SOCOBOXxDOVE kemarin, aku kaget juga karena, 'Oooh, Dove itu punya face wash?'. Dan awalnya aku skeptis sama face wash ini karena sepengalamanku dulu waktu masih jadi customer setiap sabun muka Pond's, mukaku itu kering banget. Cuma ga pernah aku apa-apain karena aku pikir itulah gunanya day cream, buat melembabkan muka yang kering karena sabunnya. Apalagi karena pas lihat ingredient listnya, ada bahan yang tingkat comedogenic-nya tinggi.

Bentuknya standard face wash drugstore ya, tube dengan tutup botol flip dan desain yang feminim. Aku belum lihat dia dijual di supermarket kayak Indomaret atau Alfamart, tapi aku nemuin dia di Guardian jadi mungkin kalian bisa cek ke sana. Harganya terbilang lebih mahal dibandingkan face wash drugstore lainnya. Sekitar Rp. 36.000, bisa bervariasi ya tergantung kalian beli di mana. Produknya sendiri ternyata udah ada dari dulu dengan desain packaging yang berbeda.
Ingredients: Water, Petrolatum, Potassium Cocoyl Glycinate, Glycerin, Potassium Cocoate, Sodium Lauroamphoacetate, Acrylates Copolymer, Hydroxypropyl Starch Phosphate, Lauric Acid, Lauramidopropyl Betaine, Polybutene, Stearic Acid, Sodium Cocoyl Isethionate, Perfume, Sodium Chloride, Polyquaternium-6, Citric Acid, BHT, Tetrasodium EDTA, Coconut Acid, Sodium Isethionate, Magnesium Nitrate, Methylchloroisothiazolinone, Magnesium Chloride, Methylisothiazolinone.

Berdasarkan analisis dari Skincarisma, ada 3 bahan yang lumayan bikin aku 'tegang'. Pertama, ada Petrolatum yang ternyata bagus buat kulit berminyak kayak aku. Memang sih, ini karena produknya sendiri ditujukan buat kulit normal, sensitif, dan kering. Terus ada Lauric Acid, yang juga ga bagus buat kulit berminyak, bisa jadi trigger buat fungal acne, dan punya rate comedogenic di angka 4. Terakhir ada Citric Acid, yang kalo kadarnya terlalu banyak, juga ga bagus buat kulit yang sensitif. Cuma karena dia ada di urutan bawah-bawah jadi mungkin ga membahayakan.

Cara pakainya juga gampang ya, tinggal campurkan facial foam dengan air, buat busa pada tangan, pijat lembut pada wajah yang basah, bilas hingga bersih. Dan dia juga bisa digunakan setiap hari.

Nah, ini yang bikin aku agak kaget adalah tekstur sabunnya yang ga kayak sabun drugstore biasanya yang kaku kayak whipped cream. Face wash Dove yang ini teksturnya kayak lotion, mengalir dengan gampangnya di atas kulit walaupun belum dicampur sama air. Wanginya ga terlalu mengganggu dan ga noticeable. Cuma wangi sabun aja pada umumnya.
Jadi kayak yang udah aku tulis di atas, Dove sendiri mengklaim bahwa produk ini ditujukan buat orang-orang dengan tipe kulit normal, sensitif, atau kering. Basically, everything that I'm not, karena aku jenis kulit kombinasi cenderung berminyak. Dinamai 'Beauty Moisture' karena produk ini seharusnya memberikan kelembaban hingga dua kali lipatnya dan menutrisi kulit. Aku pun begitu coba pake face wash ini di malam hari, memang ngerasa dia bikin mukaku super duper lembut dan supple. Ga ada sensasi kesat atau kering ketarik yang biasa aku rasain di face wash drugstore biasa. Sayangnya buatku, face wash ini cuma enak buat pemakaian malam hari. Di pagi hari aku pake dia, mukaku langsung keringgg banget! Aku sampe kapok buat pake lagi.

-----

Pada akhirnya face wash ini kayaknya bakal aku preloved, karena sepertinya kulitku memang ga cinta dia :( Kulitku masih lebih cinta si COSRX dan susah banget pindah ke lain hati, haha! Ada yang pernah cobain face wash ini?

5 comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. I love your post dear! I want to congrats you for this beautiful blog, is so inspiring, so powerful, so unique. If you want you can check out my last post!

    http://herecomesaajla.blogspot.com/2019/02/pixi-x-chloe-morello-collab-review.html

    ReplyDelete
  3. Sempet kepengen coba ini, pas banget ada reviewnya. Kebetulan jenis kulit kita jg sama hehe thanks for the review btw 💞

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaay, glad that you find my review helpful!

      Delete