Erto's Retinol Serum Review

February 20, 2021

Ertos Retinol Serum

Nggak kerasa tahun ini aku bakal menginjak umur seperempat abad :") Rasanya kayak baru kemarin aku masuk perguruan tinggi, pertama kalinya merantau dan tinggal selama 6 tahun di sana sendirian, eh sekarang udah umur segini aja. Kalau ngomongin umur, satu yang jadi concernku adalah tentunya kondisi kulit. Mulai dari tanda-tanda penuaan, sampai berubahnya tipe kulit. Selama ini tipe kulitku tuh berminyak, tapi aku sering dengar testimoni dari teman-teman yang lebih berumur, kalau di umur tertentu, tipe kulit bisa berubah. Banyak pengalaman teman-temanku yang awalnya juga punya kulit berminyak, tapi lama kelamaan seiring berjalannya waktu kulit jadi kering. Inilah yang aku lagi antisipasi. Tentunya nggak akan bisa dicegah ya hal seperti itu, karena memang tubuh ini kan benda hidup, ada umurnya sendiri dan udah proses alam menjadi tua tuh. But if I could, I want to age gracefully. Makanya kenapa salah satu produk penting dalam skincare routine aku adalah produk anti aging.

Ngomongin anti aging, nggak bakal lepas dari ingredients yang namanya retinol. Buat yang belum tahu, retinol adalah vitamin A yang punya fungsi mempercepat cells turnover atau regenerasi sel, sehingga kulit kita bisa tetap kelihatan awet muda. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen pada kulit itu semakin turun. Kolagen ini yang bikin kulit tetap kelihatan sehat dan elastis. Nah retinol ini bakal membantu produksi kolagen yang mulai menurun itu. Kenapa aku ngomongin retinol, karena di sini aku mau ngereview produk dari Erto's yaitu Erto's Retinol Serum.


Ingredients Ertos Retinol

INFO PRODUK

  • Nama brand: Erto's
  • Nama produk: Retinol Serum
  • Jenis produk: Serum
  • Ukuran: 20 ml
  • PAO: 12 bulan
  • Harga: Rp 120.000
  • Tempat beli: Shopee Official Erto's
  • BPOM: NA18202000058

Sebelum kita masuk lebih jauh tentang bahasan produknya, aku mau disclaimer dulu kalau produk ini aku dapat lewat SOCOBOX tahun lalu. Aku nggak cuma dapat satu serum ini aja, tapi aku dapat 4 serum dan satu cleanser kalau nggak salah. Sorry udah lupa soalnya udah lama banget hahah. Buat yang mau nonton unboxingnya kalian bisa cek langsung ke Youtube channel aku!

Aku ini bukan pemain baru ya dalam dunia retinol. Retinol pertamaku itu dari For Skin's Sake, yaitu Retinol Overnight Cream mereka. Waktu pertama kali coba retinol, aku nggak merasakan ada ketakutan sama sekali, nggak ada kekhawatiran bakal breakout hahah. Emang kalau udah urusan coba-coba produk tuh aku selalu berani terabas, nggak ada kata takut. Dari situ aku akhirnya paham kenapa orang-orang memuja ingredients retinol ini terutama untuk teman-teman yang udah berumur.

Erto's Retinol Serum ini punya  presentase retinol sebesar 0,5%,  dan menurutku itu udah agak moderate ya. Bahkan si FSS aja retinol creamnya cuma 0,1% doang. Untuk pemula memang cocok, pas lah istilahnya. Erto's ini juga masuknya masih di tengah-tengah, masih okelah kalaupun mau dicoba sama newbie walaupun aku selalu menyarankan sebisa mungkin coba dari presentase paling rendah dulu. Jaga-jaga kulitnya nggak cocok atau butuh penyesuaian dulu. Retinol ini ingredients yang butuh pemahaman dulu kalau mau diapproach. Jangan sampai nekat pakai retinol tapi nggak paham side effectnya apa aja. Ini yang kadang suka kita overlook.

Aku agak kaget sih karena di labelnya dia bilang bisa dipakai di pagi hari, walaupun memang nggak apa-apa, toh juga Erto's lanjutin dengan nulis  kalau di pagi hari harus dibarengi dengan sunscreen.  Itu penting banget. Bahkan kalaupun malamnya pakai retinol, besok paginya juga tetap wajib pakai sunscreen meski di pagi hari itu nggak pakai retinol karena sensitivitas kulit masih berlangsung bahkan sampai 2 minggu ke depan.

Ingredients: Aqua, Alcohol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Dimethicone, Ethylhexyl Cocoate, Dimethiconol, Tocopherol, Glycine Soja Oil, Retinol, Dimethylmethoxy Chromanol, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Allantoin, Xanthan Gum.


Tekstur Ertos Retinol

Aku udah pakai serum ini dulu banget, tapi kemudian stop karena... lupa karena apa wkwk. Kayaknya karena kebanyakan serum di skincare routine aku dulu dan aku waktu itu lagi ngereview serum jadi dia terpaksa aku tinggalkan. Tapi habis selesai pekerjaannya, aku balik pakai dia lagi. Dan sejauh ini yang aku rasakan adalah tekstur kulitku selalu terkontrol. Kalau dulu tuh ya, kulitku benar-benar kelihatan banget gradakannya, apalagi kalau pakai foundation. Tapi karena rutin pakai retinolnya Erto's ini, tekstur kulit jadi lebih kalem. Kulitku juga sepertinya udah lebih tahan banting ketimbang dulu waktu pertama nyobain retinol. Dulu aku cuma bisa pakai retinol maksimal dua hari sekali, tapi dengan Erto's ini yang presentasenya lebih tinggi, aku bisa pakai setiap hari.

Setiap kulit daerah smile lines mulai kelihatan visible, aku juga langsung pakaikan serum ini di targeted area dan besok paginya smile linesnya langsung pudar lagi! Nggak salah memang retinol digadang-gadang sebagai fountain of youth karena memang efeknya untuk kulit yang udah nggak muda lagi dia sangatlah oke. Teksturnya watery banget, nggak terasa lengket di kulit, dan dia cepat menyerap juga. Wanginya sih aku cium hampir nggak ada, kalaupun ada kayaknya itu wangi khas retinol aja deh. This has been a pleasant experience, aku nggak sabar buat cobain retinol lainnya, dan mungkin dengan presentase yang lebih tinggi lagi? Heheh, who knows!

2 comments

  1. Interesting serum :) Thank you for sharing :)

    ReplyDelete