Macaria Sunscreen Spray Review

November 12, 2020


Sebagai orang dengan kulit yang tan, sunscreen udah jadi staple dalam kehidupanku. Sejak kenal sama sunscreen, dan belajar betapa pentingnya dia untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV untuk jangka panjang, aku nggak pernah bisa lagi meninggalkan rumah tanpa sebelumnya pakai sunscreen. Rasanya ada yang kurang, kayak pergi dari rumah nggak pakai baju 😂 Nah, salah satu yang masih jadi kendala aku dalam kehidupan per-sunscreen-an adalah menemukan cara reapply yang efisien dan nyaman di kulit. Karena daya kerja sunscreen berkurang seiring berjalannya waktu, makanya kenapa kita disarankan untuk reapply buat memastikan proteksi yang diberikan bisa maksimal.

Apalagi kalau kalian juga pakai make-up setiap harinya, pasti bingung kan kadang gimana kalau mau reapply? Apa dihapus dulu make-upnya? Langsung timpa aja kah? Mending pakai sunscreen yang kayak gimana nih buat reapply? Hari ini aku bakal bahas semua itu sekalian ngreview salah satu sunscreen lokal dari Jogja yaitu Macaria Sunscreen Spray!



Jadi beberapa bulan lalu aku ditawarin sama Macaria untuk nyobain produk mereka. Kebetulan Macaria ini kayaknya baru ngeluarin satu produk aja yaitu sunscreen spray. Aku kaget mereka ini ternyata brand lokal dan asalnya dari Jogja! Soalnya selama aku kuliah di Jogja aku nggak pernah dengar soal brand ini. Sunscreen spray sekarang udah mulai banyak yang lirik karena secara practice memang mereka lebih mudah untuk diaplikasikan ke muka apalagi ketika kita on the go. Dengan pakai sunscreen model spray begini, kita nggak perlu repot-repot pakai tangan, tinggal semprot aja.

Nah tapi gimana soal takaran sunscreen yang 1/4 sdm itu? Tentang takaran memang yang masih jadi kesulitan dari sunscreen spray sih ya, aku sendiri mengakui itu karena gimana kita bisa menakar mist? Beberapa waktu lalu hal ini udah pernah dibahas sama salah satu akun skincare di Instagram namanya We From The Inside, di situ editor-in-chiefnya bilang, kalau nggak salah ingat ya, kalau untuk takaran sunscreen spray itu bisa dispray sama 8 kali putaran muka untuk memastikan seluruh permukaan kulit tertutupi secara merata. Wah 8 putaran tuh kedengarannya kayak banyak banget ya, tapi karena ini bentuknya juga mist, jadi seharusnya sama aja kayak pakai sunscreen oles pada umumnya.

Kemasan sunscreen Macaria ini sendiri menurutku cukup simple, cuma botol putih biasa yang ditempeli label dengan berisikan nama brand, klaim produk, cara pakai, dan ingredients list, dan bagian mulut spraynya juga udah ada tutupnya. Untuk klaimnya sendiri udah cocok banget lah di aku; nggak ada whitecast. Salah satu yang paling penting dalam sebuah sunscreen untuk aku pribadi adalah jangan sampai dia bikin whitecast. Aduh males banget deh kalau udah whitecast, apalagi karena aku ini kulitnya tan ya, jadi kalau ketemu sunscreen yang whitecast muka aku bakal kelihatan abu-abu. Oh iya, walaupun nggak tertulis di kemasannya tapi  sunscreen ini punya SPF 30,  aku udah tanya langsung ke pihak Macaria.



Oke mari kita masuk ke review produknya. Ini adalah sunscreen spray pertamaku jadi dari awal aku nggak tahu juga harus pasang ekspektasi seperti apa. Aku bakal ngomongin soal sprayernya dulu deh, karena menurutku untuk ukuran sunscreen spray, sprayer modelan Macaria ini kurang nyaman. Dia jenisnya yang sekali semprot langsung berhenti, nggak continous kayak hairspray. Jadinya pas aku semprot ke muka, masih ada kemungkinan bagian muka yang nggak tercover. Kalau sprayernya jenisnya continous kan lebih enak. Setahu aku sunscreen spray dari Bioderma udah continous deh. Cuma harganya memang jauh lebih mahal.

Terus untuk wangi, dia nggak ada wangi aneh, lebih ke khas wangi SPF aja, wangi sunscreen tahu nggak? Formulanya super duper nyaman di mukaku yang oily ini. Aku nggak perlu ratain pakai jari, tinggal didiamkan aja juga dia bakal kering dengan cepat dengan sendirinya. Finishnya nggak matte, tapi nggak dewy juga. Bikin lembab di kulit yang bikin muka kelihatan supple dan glowing, enak banget! Aku udah coba pakai dia di atas make-up juga nggak masalah, cairan spraynya nggak meninggalkan bercak putih nggak jelas di muka atau jadi ngerusak make-up di bawahnya. Aku sendiri kalau reapply di atas make-up biasanya langsung timpa aja, tapi kalau kalian nggak suka karena merasa kotor, bisa lap muka dulu pakai toner atau ya dibersihkan dulu make-upnya pakai make-up remover.

Sunscreen ini jangan dispray terlalu dekat ke muka, takutnya kena mata karena aku udah pernah dan rasanya pedih banget huhu. Pikirku kalau aku spray lebih dekat, spraynya bisa lebih terkonsentrasi tapi ternyata malah jadi intens banget dan masuk mata :( Tapi formula wise, ini juara sih. Aku berharap banget Macaria mau keluarin sunscreen oles dengan formula dan finish yang sama kayak versi spraynya.

4 comments

  1. Aku pikir ini produk luar, Dyn. Ternyata lokal ya. Jadi bangga deh sama produk lokal sekarang.😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lokal Roem, makin sayang nggak sih sama local brand karena produknya semakin beragam huhu <3

      Delete
  2. So great this product :) kiss  

    ReplyDelete