Skincare Routine Untuk Kulit Berminyak & Berjerawat

March 17, 2020


Setelah sekian lama, akhirnya bisa ngepost lagi soal skincare routine yang sekarang lagi aku pakai. Sebagai beauty reviewer yang sangat doyan belanja (dan beberapa kali dikirimi produk sama brand), aku jadi sering gonta ganti produk supaya bisa nulis reviewnya. Sekalinya udah direview, biasanya aku ganti produk lagi, jadinya gantian gitu, makanya susah juga buat bisa stick sama satu produk yang memang aku benar-benar suka dan skincare routine aku jarang sama. Nah di skincare routine kali ini, kalau biasanya aku banyak pakai produk yang dikirimi dari brand, sekarang ini malah aku kebanyakan pakai produk yang aku beli sendiri dan riset sendiri dan jujur setelah beberapa minggu pakai rangkaian yang sama, aku cukup puas dengan hasilnya di kulitku yang berminyak dan mudah berjerawat ini, makanya aku memutuskan untuk bikin postingan khusus. Mau tahu apa aja? Scroll terus yaaa!



Garnier Micellar Cleansing Water for Sensitive Skin — Sekarang ini aku udah jarang pakai micellar water sebenarnya. Sejak sering nonton channel Youtube-nya Susan Yara, aku jadi lebih fokus buat mengurangi penggunaan kapas dalam skincare routineku. Aku nggak benar-benar stop sih, cuma yang dulunya aku boros banget pakai kapas, sekarang jadi bisa dihitung jari. Bahkan untuk penggunaan toner juga udah nggak butuh kapas lagi, udah cukup terbiasa lah. Aku pakai micellar water cuma ketika aku pakai make-up yang cukup tebal. Kalau nggak ya langsung cleansing balm aja, jadi tahap ini bisa diskip. Dulu aku pakai Garnier yang biphase, tapi aku baru sadar formula yang botol pink ini lebih gentle di kulit.
Banila Co Clean It Zero Cleansing Balm — Sebagai penggiat double cleansing, tentunya nggak mungkin dalam skincare routineku nggak ada first cleanser. Setelah sebelumnya aku pakai cleansing oily Kose, kali ini aku nyobain cleanser dalam bentuk balm. Karena kulitku ini gampang berjerawat, pakai cleansing balm ini menurutku lebih ramah di kulit karena kulit ngak akan tambah iritasi dibanding harus pakai micellar water. Kulit nggak bergesekan lama dengan kapas, jadi nggak akan terasa perih di muka. 
Simple Refreshing Facial Wash — Aku udah review sabun muka ini di postingan sebelumnya. Beberapa waktu lalu aku salah pakai sabun muka yang terlalu harsh di kulit, jadinya bikin kulitku ini kering dan semakin dehidrasi, padahal udah dilayer berkali kali sama hydrating toner. Aku cinta banget sama sabun muka ini karena dia to the point fungsinya buat membersihkan aja, nggak ada embel-embel aneh yang lebay haha. Dia nggak menghilangkan minyak alami di kulitku dan nggak bikin kering setelahnya karena formulanya yang gentle. Sejak ganti sabun muka ke Simple ini bruntusanku jadi cepat hilang hehe.



Etude Soon Jung Toner — Aku masih berusaha menghabiskan hydrating toner Soonjung ini setelah kemarin berhasil habisin tonernya Klairs. Sejujurnya aku nggak tahu mau cobain toner apa habis ini, yang kepikiran cuma tonernya Simple karena harganya masih bersahabat haha. Toner ini tetap jadi kesayangan karena sebagai pemilik kulit berminyak dan dehidrasi, dia nggak bikin kulit semakin berat, apalagi buat aku ataupun kalian yang suka ngelayer cukup banyak produk. Toner ini juga simple, fungsinya fokus memberikan hidrasi ke kulit.
Skin1004 Madagascar Centella Toner — Jadi waktu aku bilang hydrating tonerku udah mau habis, tiba-tiba temanku nawarin buat beli toner ini karena di dia ini nggak cocok. Setelah aku baca-baca, ternyata toner ini masuknya exfoliator karena ada kandungan PHA-nya. Rasanya tapi lebih dominan hydrating sih karena klaimnya juga PHA-nya cukup mild, jadi nggak terlalu kerasa. Aku suka pakai toner ini kalau lagi nggak pakai exfoliating serumnya Kleveru. Jadi fungsinya buat maintaining kulit aja, nggak buat exfoliating. Ini harus hati-hati jangan sampai kulit kita over exfoliate, karena kalo sampai over exfoliate malah bisa bikin bruntusan.


2SOL Facial Recovery Booster — Aku hampir nggak pernah cobain serum yang fungsinya sebagai "booster", tapi habis baca beberapa mutual di Instagram, aku penasaran banget buat cobain sendiri. Kebetulan serumku juga lagi habis dan aku juga kepikiran untuk memasangkan booster ini sama serum niacinamide lainnya supaya fungsinya bisa semakin maksimal. Walaupun sebenarnya label "booster" itu terkadang cuma gimmick marketing sih. Padahal di dalamnya mah kandungannya sama aja, jadi dipakai sendiripun juga sebenarnya bisa-bisa aja. Dalam dunia skincare itu aku nggak pernah terbatas sama label haha.
Kleveru Glass Skin Overnight Serum — Nah, ini adalah the black horse buat pemilik kulit berminyak kayak aku karena exfoliating itu penting buat menjaga kulit dari jerawat akibat penumpukan minyak berlebih di kulit. Selain itu dia juga bisa meregulasi produksi sebum supaya seiring berjalannya waktu tipe kulit bisa cenderung normal bukan lagi berminyak. Aku udah tulis reviewnya juga, kalian bisa cek langsung aja.
Somethinc Niacinamide + Moisture Beet — Niacinamide udah dikenal sebagai ingredients dalam skincare yang sangat membantu buat menyamarkan noda bekas jerawat. Kebetulan aku memang punya banyak PIH (bekas jerawat yang menggelap), dan sejak pertama aku coba pakai niacinamide serum dari The Ordinary, aku melihat memang ingredients ini ampuh banget buat mengatasi PIH. Ditambah dengan booster dari 2SOL, jadinya efeknya bisa lebih cepat dan efektif.


Jumiso Have A Good Cream — Aku punya beberapa moisturizer dan ketika kulit lagi kemerahan karena ada jerawat aktif atau karena habis kena exfoliator, si Jumiso ini selalu jadi andalan karena dia bisa meredakan redness. Teksturnya ringan di kulit, nggak bikin tambah berminyak, dan nggak bikin tambah jerawatan juga.
For Skin's Sake Retinol Overnight Cream — Kalau ini selain sebagai moisturizer, juga sebagai retinol yang bisa bantu meredakan jerawat dengan lebih cepat karena retinol punya fungsi mempercepat cells turnover, jadinya kulit bisa recovery dengan lebih baik lagi. Si retinol ini cuma aku pakai dua hari sekali di malam hari, walaupun presentase retinolnya rendah cuma 0,1%, tapi kalau aku pakai setiap hari malah bisa bikin kulit kering dan semakin iritasi. Setelah retinol cream ini aku biasanya juga nggak tambahin moisturizer lainnya lagi.


Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++ — Last but not least, produk paling penting dari semuanya tentu saja sunscreen! Awalnya jujur aku memandang Skin Aqua cuma dengan sebelah mata karena harganya yang murah. Tapiii omg, yang varian moisturre milk ini super duper nyaman di kulit! Aku udah pernah review juga sebelumnya, dan aku nggak masalah dengan cara pakainya yang harus dikocok dulu supaya sunscreennya nggak misah. Finishnya di kulit bagus banget, nggak matte tapi nggak basah juga, malah kayak primer karena bikin kulit kerasa halus. Aku selalu pakai sunscreen dengan SPF minimal 50, mau di dalam ataupun di luar ruangan karena ya why compromise kan? Dia nggak clogging pori-pori juga dan dengan harga yang murah, bakal jadi my new favorite sih. Sunscreen ini juga penting buat menangani bekas jerawat yang menggelap lho guys. Jadi jangan pernah skip sunscreen! Apalagi kalau kalian pakai actives dalam skincare routine kalian seperti aku.

-----

Okedeh, segitu dulu aja pembahasan buat skincare routine aku kali ini. Sebetulnya untuk kulit berminyak dan berjerawat itu yang penting rutin exfoliate dan pakai serum mencerahkan dan jangan lupa sunscreen, itu aja. Aku bahkan jarang pakai produk khusus buat jerawat seperti spot treatment atau acne patch karena kadang jerawat di kulit berminyak itu seringnya disebabkan sama kulit yang nggak dibersihkan secara menyeluruh karena penumpukan minyak dan kotoran. Kalau kalian ada pertanyaan, bisa tinggalkan di kolom komentar, nanti bakal aku jawab. Thank you for reading!

6 comments

  1. Yaa kann garnier yg pink emang udah paling mantep! Next, mau coba cleansing balm sih penasaran jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemampuan membersihkannya sih so-so, tapi karena aku pakai cleansing balm juga jadinya nggak terlalu masalah hehe.

      Delete
  2. Sebagus itu kah sunscreen nya skin aqua, dyn? Aku paling males pakai sunscreen karena biasanya bikin wajah gampang berminyak. Kalau senyaman itu sih, aku juga pengen cobain sunscreen punya skin aqua ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di aku dia finishnya paling nyaman karena nggak lengket atau super basah gitu. Cuma kalo masih ga nyaman sama yang ini sih Skin Aqua yang SPF 30 finishnya jauh lebih kering lagi, jadi bisa jadi opsi.

      Delete
  3. Halo kak, aku mau tanya —berhubung aku punya blog juga— hehe, kakak pakai tema blog apa? Estetik ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lupa nama temanya apa, tapi ini bisa didownload di websitenya Oddthemes kok.

      Delete