Skin1004 Madagascar Centella Toning Toner Review

November 14, 2020


Aku ingat banget beberapa bulan lalu, atau mungkin lebih lama lagi dari itu, brand Skin1004 lagi tenar-tenarnya. Harganya mulai pada naik, semua orang langsung tertarik buat cobain. Ada yang langsung beli sepaket, ada juga yang nyobain per produknya dulu. Jujur, awalnya aku nggak terlalu ngelirik brand ini. Alasan utamanya sih sederhana; karena dulu kemasannya nggak menarik. Iya, aku memang bucin packaging. Jadi kalau ada yang bilang suatu produk cuma menang di kemasannya doang, itu ada alasannya guys. Ya karena ada orang-orang kayak aku ini yang gampang banget tergiur sama packaging cantik hahaha. In the end, kalau produknya bagus ya bakal repurchase, kalau nggak, nggak akan kembali lah.

Seingatku tuh harganya dulu di Shopee masih cukup terjangkau lah, apalagi karena temanku juga waktu itu ada yang pakai ampoulenya, jadi aku udah sempat lihat-lihat produknya di Shopee. Tapi aku kaget banget abis mereka ganti kemasan, harganya kok jadi mahal-mahal hahah. Makin urung lah niatku buat explore brand Skin1004 ini. Sampai suatu ketika ada temanku lagi yang baru aja cobain tonernya, tiba-tiba nawarin aku buat beli toner dia. Lumayan banget isinya masih lumayan penuh kayak yang bisa kalian lihat di foto pertama itu, dengan harga cuma Rp 100.000. Langsung lah aku sikat karena eh, kapan lagi?



Kemasan baru toner Skin1004 sekarang punya desain yang lebih simple, minimalis, dan senada sama produk dari lini madagascar centella lainnya. Kalau dulu kan nggak kelihatan kalau mereka seragam gitu. Yang bikin aku tertarik buat akhirnya nyobain adalah (selain karena kemasannya yang udah masuk selera), di ingredients listnya tercantum di urutan pertama itu centella asiatica extract, bahkan ditulis berapa persenannya. Buat yang mungkin belum tahu, cara baca ingredients list itu ditulis berdasarkan ingredients yang paling banyak ada dalam produk tersebut. Semakin ke bawah semakin sedikit konsentrasinya. Makanya pas lihat centella asiatica extract ada di urutan pertama aku langsung ngiler dong.

Oh iya, awalnya aku kira toner ini termasuk ke dalam exfolating toner karena di situ ditulis kalau toner ini mengandung PHA, salah satu jenis exfoliating agent seperti AHA dan BHA tapi jauh lebih mild dari keduanya. Tapi setelah aku baca-baca penjelasan dari Glow Necessities beberapa waktu lalu, kadar PHA di dalam produk ini terlalu sedikit jadi kalau mau dipakai sebagai exfoliating toner mungkin akan jadi kurang efektif. Tapi di kadar yang sedikit tersebut justru PHA-nya bagus untuk bantu memberikan hidrasi ke kulit. Makanya kenapa di aku, ini aku pakai sebagai hydrating toner.

Ingredients: Centella Asiatica Extract (84%), Water (Aqua/Eau), Dipropylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Niacinamide, Gluconolactone, Tromethamine, Carbomer, Sodium Citrate, Adenosine, Disodium EDTA, Dipotassium Glycyrrhizate, Betaine, Hyaluronic Acid, Ethylhexylglycerin



Tekstur toner ini cair banget, persis air. Rasanya light di kulit, tapi lembabnya lumayan. Karena status toner ini yang agak membingungkan, kadang aku suka pakai jadi cleansing toner aja kayak punya Acwell. Jadi kalau pakai ini aja kurang lembab, nanti aku layer lagi pakai hydrating toner lainnya. Selama pakai toner ini aku sebetulnya nggak merasakan ada perubahan yang berarti di muka sih. Benar-benar nggak tahu juga dia kerjanya ngapain karena mukaku nggak jadi kelihatan glowing atau bisa bantu memudarkan bekas jerawat segala macam.

Buat toner dengan harga di atas Rp 200.000, aku merasa seharusnya dia bisa ngasih efek yang lebih visible lagi. Terlepas dia aku pakai sebagai hydrating toner aja, tapi karena dari brandnya sendiri udah ngasih klaim kalau dia bisa mempercepat cells turnover dan nggak terlihat kan jadinya aku sedikit kecewa heheh. Well, aku merasa terselamatkan karena nggak harus beli produk ini dengan harga normalnya karena bakal sedih banget udah berharap akan sesuatu dan ternyata nggak kesampaian :")

6 comments

  1. brand ini sempet hits banget ya. bener, agak mehong. cuman katanya calming kalo kulit lagi iritasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhu di aku kurang kerasa efeknya sama sekali :( Padahal bener berharap karena kandungan centellanya banyak banget kan itu harusnya dia bagus buat calming :(

      Delete
  2. Lagi cobain toner ini selama beberapa hari, efek calmingnya enak, khas produk-produk dengan centella, sementara hydratingnya masih kurang di aku, mesti di tambahin si ampoule nya baru kerasa efek hidrasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya! Buat hidrasipun dia sebenernya masih kerasa kurang kak, makanya aku jadiin sebagai cleansing toner ala ala aja, misal habis maskeran trus takut masih ada residu masker yang tersisa, nah itu aku lap dulu muka pake toner ini

      Delete
  3. Brand ini mahal bgt ya sedih harus nabung dulu huhu, btw suka sekali sama fotonya Dyn, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mahal mahal haha. Terima kasih Rara, salam kenal juga!

      Delete