L'Oreal UV Perfect Super Aqua Essence Sunscreen Review

April 24, 2019

Sunscreen L'Oreal

Kalau aku bisa balik ke masa lalu dan ketemu sama aku di masa lalu buat ngasih saran soal skincare, aku pasti bakal ngasih tahu diri aku dulu buat rajin pakai sunscreen. Memang sih, saat ini aku sendiri belum ngerasain ada masalah kulit yang serius karena kelalaianku pakai sunscreen padahal aku sering berkegiatan di luar, tapi setelah berkecimpung selama hampir 7 bulan di dunia skincare, aku jadi sadar betapa sunscreen memegang peranan yang sangat penting dalam skincare routine aku.

Sunscreen punya fungsi sebagai pemberi perlindungan kulit kita dari teriknya sinar matahari, termasuk sinar UVA dan UVB. Banyak orang meremehkan sunscreen karena ada yang merasa nggak bisa hitam (biasanya pemilik kulit putih), cuma kebakar aja. Aku bisa ngomong gitu karena pacarku punya mindset begitu. Dia kulitnya putih, dan memang lebih susah menggelap daripada aku, tapi dia sering kebakar sampai memerah kayak udang. Dan dalam waktu singkat warna kulit mereka bisa kembali lagi. Tapi efek buruk dari sinar matahari itu nggak bakal kita rasakan dalam hitungan hari lho, melainkan tahunan. Jadi kalau misalnya kalian sampai detik ini belum pakai sunscreen, mulailah pakai. Nggak ada ruginya pakai kok!

Mungkin next time aku bakal bikin postingan terpisah untuk ngebahas soal pentingnya sunscreen, tapi kali ini aku bakal fokus ngomongin soal sunscreen ketiga yang udah aku cobain dalam hidupku, haha. Kali ini aku berhasil diracun sama Kak Stefan @skinchemically, walaupun aku sendiri nggak ada masalah sama sunscreen lamaku si L'Oreal UV Perfect Matte & Fresh.

BACA JUGA: Lacoco Watermelon Glow Mask Review


Jadi L'Oreal UV Perfect Super Aqua Essence ini bisa dibilang adalah salah satu varian sunscreen dari L'Oreal dengan packaging serupa. Aku udah pernah cobain yang botolnya warna hijau, atau lebih dikenal dengan yang matte version-nya. Tapi karena banyak yang bilang kalau yang hijau itu suka pilling, akhirnya iseng lah cobain varian lainnya L'Oreal UV Perfect Super Aqua Essence yang digadang-gadang sih jauh lebih nyaman di kulit dibanding yang hijau. Dari segi packaging dia sama persis sama yang hijau, cuma beda warna aja, dan harganya pun sama juga cuma Rp. 99.000 (untungnya udah turun harga yah sist hihi), dan mulut botolnya juga bercorong jadi nggak gampang bleber pas dikeluarin. Dia juga udah bisa dibeli di Watson ya!

Ingredients: Aqua, Alcohol Denat, Diisopropyl Sebacate, Isopropyl Lauroyl Sarcosinate, Ethylhexyl Triazone, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Propylene Glycol, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Titanium Dioxide, Glycerin, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Drometrizole Trisiloxane, Acrylates/​C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Adenosine, Aluminum Hydroxide, Ammonium Polyacryldimethyltauramide, Benzyl Alcohol, Butylene Glycol, Butylphenyl Methylpropional, Butyrospermum Parkii Seedcake Extract, Caprylyl Glycol, Ceteth-10, Cetyl Alcohol, Citronellol, Dextrin Palmitate, Disodium EDTA, Geraniol, Hexyl Cinnamal, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Limonene, Linalool, Menthoxypropanediol, Palmitic Acid, Phenoxyethanol, Potassium Hydroxide, Stearic Acid, Styrene/​Acrylates Copolymer, Tocopheryl Acetate, Parfum


Tekstur sunscreen L'Oreal

Dibandingkan dengan si hijau, si biru ini memang jauh lebih ringan teksturnya karena namanya juga "super aqua" ya kaan, jadi kebayangnya tuh bakalan ringan kayak air. Kalo kalian udah pernah cobain sunscreennya Biore yang Water Essence, si biru ini rasa-rasanya kurang lebih sama lah secara tekstur kayak Biore, cuma dia agak lebih padat dikit. Gampang dibaurkan dan menyerap di kulit, persis kayak pakai moisturizer. Dia juga masih ada wewangiannya ya tapi ini di bagian bawah ingredient list jadi semoga sih nggak masalah. Wanginya juga nggak terlalu menyengat kok.

Menurutku kandungan yang ada di dalam sunscreen ini udah cukup mumpuni. Pertama, dia mengandung Mexoryl, yang artinya dia memberikan proteksi berupa broad spectrum yang nggak cuma melindungi kita dari sinar UVA, tapi juga sinar UVB. Dia juga mengandung Vitamin E yang berguna sebagai anti-oxidant. Bedanya sama si hijau adalah si biru ini nggak ada klaim bisa bikin muka matte ataupun nggak berminyak. Jadi jangan harap complexion kalian bakal kelihatan paripurna kalo cuma pakai sunscreen aja. Aku biasanya kasih selayer bedak tabur yang juga ada SPF-nya, da lumayan bikin muka jadi lebih terkontrol. Yang paling penting adalah si biru ini nggak bikin masalah di kulitku, nggak bikin breakout, kusam, atau whitecast. Bener-bener aman dan nyaman banget dilayer seukuran 2 jari!

Kalo disuruh milih antara L'Oreal yang hijau atau yang biru ini, aku nggak bisa milih sih, karena tergantung keadaan kulit aja lagi enak dibawa kemana karena keadaan kulitku suka berubah-ubah nggak menentu. Kalo misalnya kalian punya pengalaman yang nggak terlalu oke sama si hijau, aku saranin cobain si biru sih karena walaupun mereka sekilas terlihat sama, tapi kalo udah dicobain bisa kerasa banget bedanya, terutama finishnya di muka. Overall ya aku bakal repurchase, kalo memang belum pengen cobain sunscreen dari brand lainnya.

16 comments

  1. Good review 😊 thanks for your sharing 😊

    ReplyDelete
  2. It seems great and great texture.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, it's actually pretty decent!

      Delete
  3. I've never heard about this product before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. You should definitely give this a try!

      Delete
  4. Wow, this looks amazing!!
    Great product ♥
    Hugs from Germany!!

    ReplyDelete
  5. kalo untuk kulit normal to dry mending ini atau yg hijau kak? punyaku yg hijau aja blm dicoba karena mau abisin biore dulu:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari tekstur sih mendingan yang hijau karena dia lebih pekat, karena yang biru ini lebih cair walaupun jadi asumsiku nggak akan cukup melembabkan di kulit kering. Tapi karena aku kulitnya berminyak jadi lebih prefer yang biru karena dia ga berat.

      Delete
  6. Aku kira tadi lighting fotonya jadi warna kemasannya lebih muda, ternyata memang varian baru yaa hahaha aku lagi pake yang hijau dan itu juga sunscreen pertamaku huuu setelah mau 30 baru ngeh betapa pentingnya pake sunscreen ^^;

    Mungkin nggak nyobain ini dulu dalam waktu dekat, nunggu abis duluu. Makasih yaa review-nya (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, untung ya mbak sekarang udah aware sama pentingnya sunscreen. Lebih baik terlambat daripada nggak sama sekali!

      Sama-sama! Semoga nanti bisa berkesempatan nyobain sunscreen ini hehehe.

      Delete
  7. Wah, aku baru tau loh ada varian yang ini. Jadi galau mau nyobain yang hijau apa yang putih inii. hihi.. thank you for the information. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yay, you're welcome! Aku malah belum cobain yang putih nih, jadi penasaran mau cobain semua variannya!

      Delete