Skin Update

February 14, 2019


Salah satu pertanyaan yang sering banget mampir di DM Instagram @beautywithdummy adalah 'kak, mana buktinya produk ini beneran bagus'. Oke, mungkin ga se-eksplisit itu ya hahaha, tapi memang beneran ada banyak pertanyaan dengan nada serupa dari orang-orang yang seolah-olah nagih janji dari produk yang udah aku review. Belajar dari Kak Kinan dan Hasya yang notabenenya termasuk reviewer dengan kredibilitas tinggi meskipun mereka ga pernah nunjukin muka atau progress kulit sama sekali, aku sempat urung buat nunjukin muka di Instagram. Tapi kemudian ngelihat asiknya Kak Vania yang ga pernah absen buat bikin skin update once in a while, dan Muti yang juga rajin bikin video pas dia maskeran atau berskincare ria, lagi-lagi menggoda aku buat bikin skin update juga. Jadi kalo misal kalian ketemua reviewer yang menolak buat ngasih tunjuk muka, ga selalu karena mereka takut dikira bohong ya guys ahahaha. Semuanya balik ke preferensi masing-masing, dan kita harus hargai itu.

Sebetulnya ini udah pernah aku post di Instagram juga, cuma I was thinking buat ngeshare di blog sekalian biar ke depannya semakin rajin buat dokumentasiin kulitku karena let's be honest, kita suka ngerasa muka kita gitu-gitu aja walaupun rasanya udah nemplokin skincare segunung kan? Karena itu juga yang aku rasain. Kemungkinannya ya karena setiap hari kita lihat muka kita di cermin, jadinya terlalu familiar sama muka dan susah notice perubahan kecil, padahal kan kulit kita membaik juga ga langsung terjadi dalam satu malam. Makanya kenapa mendokumentasikan kulit setiap rentang waktu tertentu itu penting buat diri sendiri, biar tahu sebetulnya gimana sih progress kulit kita setelah dikasih treatment ini dan itu.


Jadi beberapa waktu lalu, tepatnya pertengahan tahun 2018 aku sempet travelling ke Bali. Sepulangnya dari Bali, tiba-tiba alisku ditumbuhi sama jerawat, full! Hal itu bikin aku bener-bener sedih karena selama ini aku termasuk orang yang ga gampang jerawatan. Pun kalo jerawatan, cuma 1-2 jerawat muncul dan 3 hari kemudian langsung kering. Sampe sekarang masih jadi misteri kenapa alisku bisa dipenuhin jerawat. Spekulasi dari aku yang ga bersihin alis dengan benar, pensil alis yang kadaluarsa, bakteri, atau salah makan. Akhirnya aku puasa ngalis, bener-bener jaga supaya alis ga kotor. Perlu diinget, waktu itu aku belum kenal double-cleansing.

Waktu ngerasa aku harus mulai serius jaga kulit, aku memutuskan beli face oil dari Purivera Botanicals. Sempet membaik, tapi lama kelamaan ga ada progress lagi dan jadi gitu-gitu aja. Aku ganti sabun mukaku dari Senka ke COSRX Low pH, karena teriming-iming review orang-orang yang bilang COSRX Low pH bagus untuk bruntusan. Dan beneran deh, habis ganti face wash langsung perlahan-lahan jerawat mulai bisa diredam. Dan habis aku pelajari lebih lanjut memang ternyata sabun muka Senka itu ga bagus buat kulit. Sampe sekarang untuk cuci muka aku pake COSRX buat pagi dan malem, dan senang sekali karena hasilnya memang nyata :")


Nah, kalo yang di daerah pipi beda lagi ceritanya. Dulu aku kalo jerawatan dan kering biasanya ga meninggalkan bekas sama sekali. Entah kenapa lagi-lagi sejak pulang dari Bali itu selain aku jadi gampang jerawatan, jerawatku yang kering jadi gampang membekas juga. Begitu tahu apa aja yang harus aku lakuin buat mengatasi jerawat biar cepat kering, aku mulai cari cara buat ngehandle bekasnya. So far aku cuma mulai rajin pake sunscreen karena dulu aku sama sekali ga pernah pake. Sunscreen sangat membantu buat mengurangi bekas jerawat makin menghitam karena terpapar sinar UV, jadi step pertama ya rajin pake sunscreen bahkan walaupun aku stay indoor seharian. Kedua, aku mulai cobain serum, dan pilihan pertamaku jatuh sama The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%. Selain mengurangi flek bekas jerawat, The Ordinary juga membantu mengecilkan tampilan pori-pori dan meregulasi produksi sebum. Dan ternyata hasilnya juga cukup memuaskan!

-----

Kalo ditanya lagi, sekarang masih jerawatan apa engga alisnya, masih kok. Tapi udah ga penuh sealis kayak dulu, biasanya muncul kalo pola makanku mulai jelek lagi, kalo aku males bersihin muka, atau mulai iseng pegang-pegang jerawat pake tangan ga bersih. Intinya jerawat yang muncul ya balik jadi normal lagi, ga segila dulu. Semuanya butuh waktu, dan banyak faktor yang berpengaruh. Jadi memang progress kulit ga bisa digeneralisasi. Bisa aja dengan step yang sama, kulit aku dan kamu bisa beda hasilnya. Either way, selalu nikmati prosesnya hehe. Skincare should always be fun!

6 comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. My translate extension is not working but from the pics, your skin improvement looks fab:)

    ReplyDelete
  3. wow this is really good for my acne..

    https://jehanmohammad.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Oh wow, your skin really has improved. So happy for you!

    Allie of
    www.allienyc.com

    ReplyDelete