Menikmati Udara Sejuk di Kebun Teh Kulonprogo

January 17, 2019

Bicara soal tempat wisata di Jogja mungkin tidak akan ada habisnya. Saya sendiri sempat bertekad selama merantau menjadi mahasiswa di sini untuk bisa menaklukan semua tempat wisata yang ada di Jogja, tapi tentu saja hal tersebut selain membutuhkan banyak uang dan waktu, juga tenaga. Dan sekarang ini saya sudah tidak seambisius dulu ketika baru pertama merantau. Tempat wisata di Jogja itu seperti pepatah mati 1 tumbuh 1000, saking banyaknya. Mungkin ini adalah salah satu alasan kenapa saya senang sekali bisa menempuh pendidikan di kota ini karena untuk melepaskan penat ke tempat wisata, kemana-mana tidak seperti jika saya tinggal di kota besar lainnya yang rasanya apa-apa selalu jauh. Tapi jika teman-teman ingin mengunjungi tempat wisata lainnya di luar Jogja, mungkin tempat wisata ini bisa jadi masuk wishlist teman-teman semua.

Baca juga: The Lost World: Stonehenge

Wisata kali ini saya menyempatkan diri ke kebun teh yang berada di Kulonprogo bersama teman-teman. Untuk mencapai ke lokasi kebun teh-nya itu sendiri membutuhkan waktu satu setengah jam. Termasuk tempat wisata yang terhitung jauh jika ditempuh dari Sleman. Kebun Teh Kulonprogo ini beralamat di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, DIY 55673. Tempatnya buka dari jam 7 pagi hingga jam 6 sore. Saya dan teman-teman bertolak dari Sleman sekitar jam 1 siang setelah makan siang, dan sampai di sana sekitar pukul 2 siang. Harus saya akui, karena kebun teh ini berada di dataran tinggi, jadi akses jalan untuk ke lokasi memang terbilang menantang, karena harus hati-hati dengan jalannya yang cukup terjal dan berdampingan dengan jurang.

Sesampainya di lokasi, kami langsung disambut hamparan hijau kebun teh yang terlihat rapi di kanan dan kiri bukit. Kebetulan hari itu saya berkendara dengan mobil, sehingga mobil harus diparkir sebelum memasuki kawasan kebun teh karena di atas tidak ada lahan parkir. Tenang saja, antara parkiran dengan kebun teh-nya tidak jauh kok. Di Kebun Teh Kulonprogo ini, tujuan kami adalah untuk naik ke puncak bukitnya, karena di atas bukit ada semacam gardu pandang untuk melihat pemandangan. Tentunya tempat seperti itu adalah spot foto yang cukup Instagrammable. Namun untuk bisa sampai ke atas bukit, pertama-tama kita harus menaiki deretan anak tangga yang cukup curam dan luar biasa banyaknya. Saya yang jarang olahraga ini jadi agak kesulitan karena mendaki anak-anak tangga ini sangat amat melelahkan.

Baca juga: Kebun Anggur Bantul

Meski melalui perjalanan panjang yang cukup melelahkan dengan diselingi beberapa kali istirahat, saya dan teman-teman akhirnya sampai di puncak bukit kebun teh. Di atas bukit, pemandangan seluruh daerah kebun teh terlihat jelas. Tempat ini memang disediakan untuk pengunjung mengambil gambar, makanya kenapa terdapat balkon kayu yang bisa menunjang pengunjung untuk berpose.

Baca juga: Tebing Breksi

Kalau sudah main-main ke kebun teh seperti ini, rasanya jadi teringat film masa kanak-kanak dulu, Petualangan Sherina. Udaranya sejuk, dan hijau sepanjang mata memandang. Untuk masuk ke Kebun Teh Kulonprogo ini tidak dikenakan biaya sepeserpun, selain membayar uang parkir, tentunya. Tapi untuk sekedar berjalan-jalan, mengambil foto bahkan di dalam kebun teh-nya langsung pun tidak dikenakan biaya. Saya dan teman-teman menghabiskan waktu hingga pukul 4 sore untuk mengambil foto di kebun teh sebelum akhirnya kelaparan dan bersantai di satu-satunya rumah makan yang ada di sana. Tentunya jika memesan makanan ataupun minuman di sini tidak gratis ya teman-teman. Tapi tenang saja, harganya tetap terjangkau kok. Hanya di kisaran Rp. 20.000 saja.

Kami menghabiskan waktu hingga hampir pukul 6 sore sebelum hujan akhirnya datang mengguyur dan kami memutuskan untuk kembali ke Sleman karena khawatir jalan yang kami lewati tadi akan menjadi licin dan tidak aman untuk dilewati. Nah, jika teman-teman di sini ada yang tertarik bermain di kebun teh, bisa coba mengunjungi Kebun Teh Kulonprogo ini. Dijamin betah dan tidak mau pulang saking indahnya.

7 comments

1. Such a beautiful place. I would love to visit... love being in nature.

www.fashionradi.com

ReplyDelete
  2. It must have felt amazing to be up that high on the mountain seeing Kebun Teh Kulonprogo in real life. It is a spectacular sight just seeing it in your wonderful photos. It must have been scary coming down the mountain through the heavy fog. The outfit you were wearing looks very attractive - I like the look of the top and the red and blue colour combination. You look pretty.

Replies
    1. Thank you so much for the kind comment! I hope one day you get to visit this place!

Delete
  3. Akuuhhhh maooooo ke Jogjaahhhhh hahaha

Jadi kapan dong saya bisa ke Jogja, semacam menderita kalau liat postingan tentang Jogjah dan sekitarnya.

Ngangenin banget deh pokoknya tempat ini :)

Replies
    1. Hihi ayo mbaaak main-main ke Jogja lagi! Udah banyak berubah nih kotanya :D Tapi masih sama ngangeninnya kok, aku juga sebagai pendatang ga pernah absen kangen sama Jogja hihi!

Delete
  4. Hi, you are linking to a dead resources about Siargao, you can replace it with working here is the link https://eligefilipinas.com/Destinos/Siargao