Maybelline Fit Me Foundation Shade 310 Sun Beige Review

May 21, 2018

Maybelline Fit Me Foundation

Wah, akhirnya... setelah sekian lama cuma bisa ngelihatin produknya di video Youtube orang-orang, aku bisa punya juga! Jadi sejujurnya aku ini bukan tipe orang yang rajin pakai foundation atau concealer karena sejauh ini mukaku nggak banyak noda yang perlu aku cover. Cuma memang kalau untuk acara-acara tertentu, sekedar ngedate sama pacar atau pergi kondangan, aku merasa tetap butuh karena beda aja rasanya dandan dengan base complexion sama yang nggak pakai sama sekali. Salah satu yang jadi alasanku selama ini nggak pernah pakai foundation dan sejenisnya juga karena sebetulnya aku ini pemalas, haha. Aku tuh jarang banget memberikan waktu lebih buat ngurusin kulit ataupun penampilan. Kalau aku udah commit untuk pakai make-up, berarti aku harus meluangkan waktu juga buat membersihkannya dan biasanya aku udah keburu ngantuk huhu.

Aku udah lama ngincar produk ini selama beberapa bulan belakangan. Entah kenapa kayaknya aku ini selalu telat ngikutin trend make-up yang lagi booming deh. Soalnya aku selalu butuh nonton review dari beauty vlogger dulu sebelum benar-benar beli produknya. Aku juga udah ke sana kemari nanya teman-teman foundation Fit Me ini worth it atau nggak, karena banyak juga yang saranin aku buat cobain L'Oreal Infallible Pro-matte. Nah kebetulan waktu lagi jalan sama mas pacar, foundation Fit Me ini lagi diskon dari Rp 150.000 jadi Rp 112.000 aja di Matahari. Wah, lumayan banget kan? Langsung lah aku bungkus!



Foundation ini ada dua versi;  Matte & Poreless  dan  Dewy & Smooth.  Karena tipe kulitku oily, jadinya udah pasti aku pilih yang Matte & Poreless. Sebetulnya sempat swatch yang versi Dewy juga, dan dari teksturnya sih dia jauh lebih cair dibanding yang versi Matte.

Nggak kayak sebelumnya waktu aku beli concealer Colourpop di mana aku harus menebak-nebak shade aku, kali ini aku bisa cek langsung di muka biar nggak salah shade. In case kalian masih suka bingung gimana cara cari shade foundation yang tepat, caranya adalah dengan swatch foundationnya dari pipi melewati rahang dan turun sampai ke leher. Beberapa orang lehernya ada yang lebih gelap dibanding mukanya, dan saranku sih coba samain sama leher aja walaupun mungkin nanti jatohnya jadi gelap memang.

Waktu milih shade ini aku dibantu sama mbak-mbak BA-nya. Dia kasih aku beberapa pilihan shade, dan aku sempat bingung mau ambil 310 atau 330 karena keduanya benar-benar masuk ke kulit. Karena kata mbaknya foundation ini akan oxidize, jadinya aku mantap ambil yang 310 karena toh nanti kalau menggelap bisa tetap pas di kulit. Takutnya kalau pilih yang 330 malah nanti makin nggak masuk pas udah oxidize.

BACA JUGA: Maybelline Liquid Matte Sensational Shade 11 Made Easy Review


Pertama kita akan bahas packagingnya dulu. Jujur, aku kurang suka sama jenis foundation yang botolnya nggak ada aplikator buat apply produknya karena jenis botol kayak gini sama sekali nggak handy dan bisa bikin berantakan ketika dituang ke tangan ataupun sponge kalau nggak hati-hati. Mungkin karena dari pihak Maybelline-nya mau bikin produk yang affordable, jadinya malah budget packaging diteken kali ya? Setahuku sih mereka jual pumpnya juga tapi terpisah dan beda harganya lumayan banget. Dan karena dia modelan yang dituang-tuang, jadinya kadang ada sisa produk menempel di mulut botol, jadi bikin botolnya kelihatan kotor deh.

BACA JUGA: Maybelline Define & Blend Brow Pencil Shade Grey Brown Review


Foundationnya itu sendiri gampang banget diblend, dia nggak jadi kering terlalu cepat, jadi kalian nggak perlu terburu-buru buat ngeblend produknya. Klaimnya sih bisa ngasih full coverage dengan tetap terasa lightweight di kulit, tapi menurutku sih dia bisa kerasa berat banget kalau kalian pakai lebih dari satu layer. Tapi coveragenya bisa dibuild dari medium sampai full memang. Kalau mau pakai foundation, selalu mulai dengan takaran sedikit, tipis-tipis diapply ke kulit, dan dibuild sedikit demi sedikit karena kalau udah kebanyakan di awal bakal susah banget buat ngehapusnya dan beresiko bikin tampilan jadi cakey.

Finishnya matte, tapi nggak yang dead matte gitu ya, jadi tetap bisa ngasih lihat glow asli kulitku. Aku prefer finish seperti ini karena sebagai orang dengan pemilik kulit berminyak, kadang susah mau terlihat glowing tapi bukan berminyak tuh haha. Jadi kalau finishnya dead matte malah repot, harus kasih highlighter atau strobing dulu baru kelihatan glowing. Oil controlnya menurutku kurang banget, karena nggak sampai 3 jam aja mukaku udah jadi kilang minyak, bahkan setelah diset dengan powder. Di bagian hidung juga dia bakal menghilang perlahan. Dan yang paling buruk sebetulnya dia oxidize jauh banget! Aku kaget karena kukira nggak akan terlalu jauh turun shadenya, tapi ternyata separah itu. Mungkin malah seharusnya aku ambil shade 228 karena di awal dandan mukaku kelihatan segar, tapi pas udah lewat beberapa jam jadi kelihatan kusam gitu.

Apakah aku bakal repurchase? Kayaknya nggak deh. Masih banyak foundation di luar sana yang menurutku performanya lebih bagus dengan harga yang kalau nggak sebanding, ya lebih murah.

22 comments

  1. Great effect is very natural:)
    kisses

    http://irreplaceable-fashion.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Great post dear :) ♥

    www.janalukic.com

    ReplyDelete
  3. This sounds amazing !!!

    Serene XO

    http://www.surrealserene.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. It is an amazing foundation indeed! :D

      Delete
  4. This looks pretty great!!

    www.jessicabroyles.com

    ReplyDelete
  5. Great review!
    María Eugenia | www.thegirlonanisland.com
    https://www.thegirlonanisland.com/2018/05/the-guide-to-perfect-weekend-in-miami.html

    ReplyDelete
  6. Very nice review :)
    thanks for the info!

    http://lalabetterdayz.blogspot.co.uk/

    ReplyDelete
  7. nice products, thank you for sharing...

    ReplyDelete
  8. Thank you for the review. I am a little bit dissapointed with coverage but maybe it can be fixed with other layers of makeup. Have a nice day~

    https://ddalginanabeauty.blogspot.kr

    ReplyDelete
    Replies
    1. It can actually be built by adding another layer of foundation so yes, it's saved! :) Thank you, Nana!

      Delete
  9. I'm still not really into buting this product as I've seen so many bad reviews and the facts that it doesn't have an aplicator bothers me
    https://miss-uncover.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, I rarely encounter any bad reviews (or should I say, I never?) because so far everyone has been raving about it and it actually does its job for a mere drugstore foundation. The no applicator part also bothers so much tho :(

      Delete
  10. wonderful review dear, thanks for sharing, xo

    ReplyDelete
  11. Great review :)
    Xoxo
    http://myheartaintabrain.blogspot.pt/

    ReplyDelete
  12. Thank you and yes of course, I would love to!

    ReplyDelete
  13. Thank you so much, Bela! Yes, let's follow each other!

    ReplyDelete